Bandel, Banyak Cafe Dan Pengunjung Abaikan Prokes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 24 Sep 2020 11:08 WIB

Bandel, Banyak Cafe Dan Pengunjung Abaikan Prokes

i

Masih banyak pengunjung ke cafe tak menjaga jarak, tak pakai masker dan cuci tangan yang sudah menjadi gaya hidup baru Kamis (24/9/2020)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya -  Pakai Masker, Cuci Tangan Dan jaga jarak sudah menjadi gaya hidup baru, untuk mengantisipasi terjangkit virus Covid 19. Sebagai bentuk kepedulian, Polda Jatim di masa Adaptasi Kebiasaan Baru melakukan Patroli Skala Besar gabungan dengan Satpol PP Provinsi Jatim, Banser dan unsur Mahasiswa dan masyarakat yang tergabung dalam Ops Aman Nusa II di wilayah Kota Surabaya. Rabu malam (23/9/2020).

Dalam operasi ini, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andhiko menjelaskan, kegiatan ini menyasar sejumlah resto dan cafe yang terletak di beberapa kota Surabaya. Pertama, tim melakukan operasi yustisi di resto Mie Kober yang berada di Jalan Kacapiring, Surabaya.

Disini para pengunjung masih belum bisa menerapkan Physical Distancing (jaga jarak) antara pengunjung satu dengan yang lain. Selanjuntnya, imbuh pamen tiga melati ini, tim gabungan melanjutkan operasi yustisi ke pedagang kaki lima (K5) yang ada di Jalan Kayoon, Surabaya.

Disini petugas gabungan juga mendapati masih banyak masyarakat atau pengunjung yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Dengan tidak menjaga jarak dan tidak memakai masker. Dari dua lokasi yang disasar ini, mereka yang kedapatan melanggar protokol kesehatan dilakukan pendataan hingga penyitaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang kemudian diserahkan ke Polrestabes untuk dilakukan pendataan dan diberikan sanksi ringan.

Petugas juga memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat atau pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Serta cuci tangan menggunakan sabun untuk mencegah penularan Covid-19. Kemudian pengunjung diarahkan untuk pulang ke rumah, dan untuk pemilik usaha disarankan untuk menutup tempat usaha. Karena sudah melewati batas jam malam diatas pukul 22.00 WIB.

Setelah dari dua lokasi tersebut, tim gabungan melanjutkan operasi yustisi di Cafe Holywings di Jalan Manyar Kertaadi, Surabaya. Disini, ternyata banyak pengunjung yang kedapatan berkerumun dan tidak memakai masker.

Terlihat juga banyak wanita yang ada di cafe tersebut juga tidak menggunakan masker, sehingga petugas kembali memberikan edukasi kepada mereka untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sejumlah pengunjung yang rata rata wanita ini dilakukan pendataan dengan meminta Kartu Tanda Penduduk (KTP) kemudian dilakukan pendataan.

Disini, petugas juga meminta kepada pemilik usaha untuk menutup usahanya. Dari ketiga lokasi yang sudah disasar pada Rabu malam (23/9/2020), petugas juga melakukan penyemprotan Disinfektan, baik di Resto Makanan maupun di Cafe yang ada di Jalan Manyar Kertaadi, Surabaya. nt

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU