Berdayakan Sektor Pangan Lain, Khofifah Usul Diversifikasi Pangan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 19 Agu 2020 11:44 WIB

Berdayakan Sektor Pangan Lain, Khofifah Usul Diversifikasi Pangan

i

Gubernur Jawa Timur, Khofifah saat panen raya

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Guna membantu pemerintah untuk mengurangi ketergantungan masyarakat kepada beras. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengusulkan agar dilakukan diversifikasi pangan nonberas dalam program bantuan pangan yang dianggarkan pemerintah pusat setiap tahun.

"Mungkin ini bisa dikoordinasikan dengan Menteri Sosial, formatkan ini (diversifikasi) dalam program BPNT (bantuan pangan non tunai). Jadi, dalam BPNT bisa ada varian komoditas," kata Khofifah dalam Pencanangan Gerakan Diversifikasi Ekspose UMKM Pangan Lokal dan Buah Nusantara bersama Kementerian Pertanian secara virtual, Rabu (19/8).

Baca Juga: Pilgub Jatim 2024, TKD Prabowo-Gibran Jadi Timses Khofifah

Ia mengatakan, di Jawa Timur, makanan lokal sumber karbohidrat selain beras adalah jagung. Hanya saja, pemerintah menghadapi tantangan pola pikir masyarakat yang masih menganggap komoditas beras sebagai simbol suatu keluarga sejahtera. Karena itu, perlu ada optimalisasi untuk memahamkan masyarakat soal alternatif pangan selain beras.

"Misal belum makan beras, kok standar kesejahteraan seperti belum tercapai. Ini tantangannya, meskipun sekarang sudah banyak yang paham seperti pengidap diabetes agar tidak mengkonsumsi karbohidrat dari beras," ujar Khofifah.

Baca Juga: Demokrat Ajak Gerindra Usung Khofifah-Emil Satu Paket di Pilgub

Lebih lanjut, Khofifah memaparkan, sektor pertanian di Jawa Timur sejauh ini belum terdampak Covid-19. Bahkan, pada kuartal II 2020, nilai tukar petani (NTP) secara umum naik 0,22 persen. Pemerintah Jawa Timur saat ini juga terus mendorong agar petani bisa memproses komoditas pertanian hingga di hilir.

"Ada penguatan petik, olah, kemas, jual, itu yang terus kami dorong di Jawa Timur agar ada akses pasar yang bisa dimaksimalkan hingga ke luar Jawa,"

Baca Juga: Santuni 100 Anak Yatim, Jurnalis Grahadi Bersama Ketum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa Gelar Buka Bersama

Sebagai informasi, Diversifikasi pangan adalah program yang dimaksudkan agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja dan terdorong untuk juga mengonsumsi bahan pangan lainnya sebagai pengganti makanan pokok yang selama ini dikonsumsinya. 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU