Buka Gerai Baru, Bilka Mart Dongkrak Perekonomian UMKM

10 Agustus 2020

SurabayaPagi, Surabaya - Disaat lini bisnis perusahaan maupun UMKM menjadi lesu bahkan gulung tikar akibat pandemi Covid-19, dibutuhkan dukungan agar ekonomi bangkit kembali. Itulah yang dilakukan supermarket Bilka dengan membuka Bilka Mart di Jalan Bumi Indah Surabaya.
 
Pemilik Bilka Mart Donny Kurniawan menjelaskan, dirinya berani membuka gerai baru saat pandemi Covid-19 karena selama 40 tahun supermarket Bilka di Jalan Ngagel Jaya Selatan tidak pernah membuka cabang.
 
Dengan adanya wabah virus corona dia melihat banyak UMKM maupun perusahaan yang gulung tikar sehingga terjadi PHK massal, sehingga sebagai generasi kedua penerus Bilka, Pria ini bertekad membuka gerai baru di kawasan Surabaya Barat untuk membantu pengusaha kecil dengan menjualkan produknya di tokonya. Sehingga menjadi warna tersendiri ditengah ketatnya persaingan bisnis supermarket.
 
"Ketersediaan barang dalam segi kita mempromosikan barang yang lokal, jadi kita barang itu lokal. Jadi kita buka di Surabaya Barat. Jadi apa sih jajanan pasar yang bisa kita beli market, dan camilan - camilan UMKM dan itu kuatnya kita itu disitu," kata Donny Kurniawan saat ditemui setelah pembukaan Bilka Mart. Senin (10/8/2020).
 
Untuk menjaga ketersediaan produk UMKM lokal di Surabaya Barat, dia mengundang produsen kue dan jajanan pasar yang bekerja dari rumah agar bisa menjual produknya di tokonya.
 
"Dan kita mengundang UMKM untuk mengirimkan barangnya disini. Jadi kita tetap mengundang yang bekerja di rumahan, yang bisa bikin kue, bisa bikin jajanan pasar kita undang untumemasarkan disini," tambahnya.
 
Disamping memajang dan menjual produk makanan UMKM, di tempat ini juga menyediakan aneka kebutuhan lainnya dengan harga lebih murah dari lainnya sebagai ciri khas Bilka.
 
Kedepannya secara bertahap, Donny akan membuka beberapa gerai baru di pulau Jawa sebagai upaya mendongkrak ekonomi UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.
 
"Jadi agenda untuk pelebaran sayapnya sendiri bisa mundur di tahun berikutnya, dengan harapan pandemi ini agak baiklah. Untuk sementara yang pasti tidak menutup kemungkinan membuka cabang di seluruh Jawa, tentunya fokus kita yang pertama di Surabaya dulu," tegas Donny.
 
Bagi pengunjung seperti Fauzi, dirinya merasa senang karena bisa mendapatkan produk UMKM yang lengkap dan tidak jauh dari tempatnya. Karena sebelumnya dia membeli jajanan pasar maupun kue harus menuju Bilka supermarket di Surabaya Timur.
 
"Bagi kawasan Surabaya Barat kalau mau belanja ke Bilka di Ngagel kan terlalu jauh, nah kami sebagai warga masyarakat, kayaknya menanggapi ini sebagai hal yang positif karena dekat dengan rumah kami," tutur Fauzi. By





Berita Terkait