Cegah Covid-19, Faskes di Kota Malang Rutin Disterilisasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Agu 2020 13:49 WIB

Cegah Covid-19, Faskes di Kota Malang Rutin Disterilisasi

i

Suasana salah satu puskesmas dilakukan penyemprotan sterilisasi. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Malang - Di masa pandemi Covid-19 tingkat layanan kesehatan merupakan bagian terpenting untuk diperhatikan dengan baik. Usaha tersebut untuk meminimalkan penyebaran virus pada para tenaga kesehatan (nakes)

Karenanya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang mengambil langkah masif untuk menekan penyebaran virus dengan rutin melakukan sterilisasi di lingkungan layanan kesehatan.

Baca Juga: Hanya 130 Juta, UPT Keramik di Malang Perlu Dukungan Pemprov Jatim

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan penyemprotan dengan disinfektan dilakukan secara berkala dan bergilir ke UPT (Unit Pelaksana Teknis) binaan yakni di semua Puskesmas hingga RSUD Kota Malang.

"Memang kalau penyemprotan semacam ini dilakukan secara berkala," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Malang Kebut Perbaikan Jalan Tuntas Sebelum Lebaran

Langkah ini dilakukan, sebagai upaya untuk tetap memberikan rasa aman dan nyaman khususnya bagi petugas medis di layanan Kesehatan dan juga bagi pengunjung yang mengakses fasilitas kesehatan agar tetap merasa aman.

"Prinsip Puskesmas mengadakan desinfeksi dan dekontaminasi adalah untuk memberi rasa aman dan nyaman baik itu kepada petugas dan masyarakat yang memeriksakan diri ke layanan kesehatan," imbuhnya.

Baca Juga: 15 Ton Migor Curah Digelontorkan

Selain dilakukan sterilisasi tempat, Dinkes Kota Malang juga secara rutin melakukan skrining bagi para nakes. Hal ini untuk pemantauan kondisi bagi petugas medis, mengingat banyak dari mereka yang bersinggungan dengan pasien Covid-19.

"Iya, paling tidak 2 bulan sekali ya. Terutama Nakes yang ada di Puskesmas, di RSUD, Labkesda itu rutin. Rutin skrining baik dari rapid test anti bodi, skrining dari rapid test anti gen maupun swab. Ini untuk pemantauan kondisi daripada Nakes itu sendiri," tandasnya. Dsy12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU