DPUPR Kota Batu Eksekusi 70 Pohon Rawan Tumbang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 27 Sep 2020 09:31 WIB

DPUPR Kota Batu Eksekusi 70 Pohon Rawan Tumbang

i

Petugas saat melakukan penebangan pohon tumbang di Jalan Hasanudin, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Batu - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu akan melakukan penebangan sebanyak 70 pohon disekitar jalan Kota Batu. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi adanya pohon rawan tumbang yang sering terjadi di Kota Batu, Minggu (27/9/2020).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menginstruksikan penebangan dan perempesan pohon yang rawan tumbang tersebut sesuai dengan situasi dan kondisi. Antisipasi pohon rawan tumbang itu untuk memastikan pengguna jalan di Kota Batu lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Pemkot Batu Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Tekan Inflasi

“Agar pengguna jalan ini aman dan nyaman, sesuai dengan instruksi Wali Kota Batu secara bertahap kami alan melakukan penebangan dan perempesan kepada 70 pohon rawan tumbang,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat. 

Sebanyak 70 pohon rawan tumbang itu tersebar di tiga Kecamatan di Kota Batu. Jumlah itu dari pendataan dan tinjauan kondisi pohon yang dilakukan sebelumnya bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah lainnya.

Dari hasil survei ada sebanyak 70 pohon rawan tumbang dengan beragam jenis. Mulai dari pohon sono, pohon kembang, mahoni, saman, asaman, cemara angin, trembesi, dan sebagainya.

Baca Juga: Jumlah Kasus DBD di Kota Batu Melonjak

“Pemotongan dan perempesan pohon yang menjadi kewenangan Kota Batu sudah diatur dalam Perwali nomor. 44 tahun 2017 tentang izin penebangan pohon. Demikian juga untuk penebangan pohon di jalur provinsi sudah diatur dalam Peraturan Gubernur,” imbuhnya.

Hingga saat ini DPUPR Kota Batu sudah mulai melakukan penebangan dan perempesan di beberapa titik di Kota Batu. Seperti di Jalan Bukit Berbunga, Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji. 

Baca Juga: Pemkot Batu Terapkan Berbagai Program untuk Turunkan Stunting

Penebangan dan perempesan itu dilakukan juga sesuai dengan permintaan masyarakat. Lalu juga mendahulukan untuk pohon yang rawan tumbang. Dsy1

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU