Emak-emak asal Candi Mencuri HP di Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 27 Nov 2020 20:35 WIB

Emak-emak asal Candi Mencuri HP di Surabaya

i

Dewi Sukmawati (50) warga Jalan Cendrawasih, Kelurahan Larangan, Kecamatan Candi Sidoarjo yang diamankan Polsek Tegalsari karena mencuri 2 HP milik warga. SP/Septyan

SURABAYA PAGI, Surabaya - Dewi Sukmawati (50) warga Jalan Cendrawasih, Kelurahan Larangan, Kecamatan Candi Sidoarjo, kini mendekam di tahanan Polsek Tegalsari Surabaya.

Wanita paruh baya tersebut dibekuk lantaran mencuri 2 buah handphone (HP) merk Samsung Galaxy J7 plus dan Oppo A5S, milik Irmawati (38), warga jalan Dinoyo Surabaya.

Baca Juga: Ajak Adik Maling HP, Kakak Beradik Ditangkap Polisi

Saat dikonfirmasi, Kanit Reskrim Polsek Tegalsari, Iptu I Made Gede Sutayana mengatakan, modus yang digunakan oleh tersangka adalah dengan berpura-pura mencari anak yatim untuk mendapatkan sumbangan Jumat berkah dari sebuah yayasan.

"Awalnya ia mendatangi warung milik saksi Murtiah di daerah Dinoyo dan menanyakan apakah di di sekitar situ ada anak Yatim, karena akan diberikan santunan dalam rangka Jumat berkah," terang Made.

Untuk melancarkan aksinya, tersangka menyuruh anak-anak korban shalat di mushalla, dan meminta korban membelikannya kopi di warung.

Baca Juga: Diduga Butuh Uang, Ibu Rumah Tangga Gondol 3 HP

"Saat rumah dalam keadaan kosong, pelaku beraksi mengambil HP yang sedang dicas di ruang tamu, dan langsung kabur,” papar Made.

Setelah menyadari pelaku sudah tidak ada di rumahnya dan membawa kabur HPnya, korban Irmawati langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Tegalsari.

"Usai mendapat laporan, anggota kami bergerak dan meringkus tersangka di rumahnya pada hari Senin (23/11/2020)," pungkas Made.

Baca Juga: Modal Uang Rp10 Ribu Orang Ini Kelabui Karyawan dan Dapat Dua Ponsel

Sementara itu kepada penyidik, tersangka Dewi mengaku baru sekali melakukan aksinya.

Atas aksinya Dewi dijerat  pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara. tyn

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU