FKM Unair Beri Pelatihan di Pesantren Assalafih Al Fitrah

11 November 2020 : 12:55:39

Pelatihan yang digelar FKM Unair di Pesantren Assalafih Al Fitrah. SP/ Byta

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pandemi Covid - 19 yang belum dapat dipastikan mereda, membuat Program Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) untuk turut memberikan edukasi dalam mengantisipasi dan penanganan dini kepada seluruh santri di Pondok Pesantren Assalafih Al-Fitrah Surabaya, yang di jelaskan pada offline dan online, pada Rabu (11/11/20).

Pimpinan pondok Pesantren Assalafih Al-Fitrah Surabaya, Ustad Musyaffak mengaku berterima kasih atas pengabdian masyarakat yang telah di lakukan oleh FKM Unair, sebagai bentuk kepedulian untuk memberikan edukasi antisipasi dan penanganan Pandemi Covid - 19 dilingkungan pondok pesantren.

"Tentunya kami berterima kasih kepada pihak Unair karena telah memberikan kami pelatihan dan edukasi selama proses pengabdian masyarakat untuk kepedulian pemutusan rantai Covid - 19. Menjadi bekal untuk perduli kepada sesama," ungkapnya.

"Kami juga meminta perhatian kepada FKM Unair karena melihat para adik-adik ini perkembangannya terlambat, semoga bisa ditangkap oleh teman-teman kesehatan untuk di tindak dan di perhatikan," imbuhnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat FKM Unair yang menyasar Pondok Pesantren Assalafih Al-Fitrah Surabaya untuk memberikan edukasi dan pelatihan/simulasi mengenai sosial distancing, juga beberapa materi berupa poster yang bisa ditempel di beberapa sudut pondok pesantren.

Tidak hanya itu, FKM Unair juga memberikan jenang-kenangan, berupa alat pelindung diri seperti masker dan handsanitizer agar bisa digunakan secara maksimal oleh seluruh lingkup pondok pesantren.

FKM Unair berharap bila media tersebut dapat digunakan dengan baik oleh seluruh santri saat tiba di pondok, serta memperketat protokol kesehatan di lingkungan pondok sebagai bentuk untuk menekan Covid - 19 agar tidak masuk ke wilayah pondok pesantren.

"Terkait materi Covid dan Stunting, sebab setiap tahun kami selalu berkunjung ke pondok pesantren, terima kasih kepada seluruh dosen yang mempersiapkan kegiatan pada hari ini, dan terima kasih untuk ketua pondok pesantren dan seluruh pengurus, semoga Allah meridhoi usaha-usaha baik kita" terang Bagus Qomarudin selaku ketua pengabdian masyarakat FKM Unair.

Pihak FKM Unair juga mengakui kehebatan prosedur Pondok Pesantren Assalafih Al-Fitrah Surabaya dalam penanganan dan pencegahan Covid - 19 dilingkungan pondok dengan mengadakan swab test dan tempat karantina. (byt)





Berita Terkait