GoFood Dukung Percepatan Transformasi Digital UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 30 Jun 2020 13:34 WIB

GoFood Dukung Percepatan Transformasi Digital UMKM

i

ilustrasi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Solusi bisnis yang komprehensif telah ditawarkan GoFood, sebagai layanan pesan-antar makanan  bagi para UMKM untuk bangkit dan menumbuhkan bisnisnya di tengah situasi pandemi, mengingat saat ini konsumsi kuliner masyarakat mulai beralih dari offline ke online.

Hal tersebut disampaikan dalam acara dialog "Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” dan didukung oleh Menteri Koperasi & UKM RI, Teten Masduki. Ia memaparkan bahwa lebih dari 236.980 pelaku UMKM telah melaporkan kepada KemenkopUKM atas usahanya yang terdampak akibat pandemi dan digitalisasi merupakan solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini. Oleh karenanya dibutuhkan kolaborasi kuat antara pemerintah dengan platform digital untuk membangkitkan kembali UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

“Pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional termasuk didalamnya untuk pelaku UMKM. Tidak hanya itu, SOP Reaktivasi UMKM menuju tatanan normal baru juga mulai disosialisasikan bagi sektor-sektor usaha yang sudah dan akan mulai diaktifkan kembali  seperti sektor transportasi dan kuliner," katanya.

Pelaku UMKM pada dua sektor tersebut perlu memiliki strategi adaptasi bisnis seperti menyediakan variasi visualisasi menu makanan dan minuman seperti menawarkan makanan sehat dan siap saji, paket bundling produk, memberi berbagai promo/diskon khusus bagi merchant, serta menghadirkan value proposition yang lebih baik.

"Di masa krisis ini, pemanfaatan data dan informasi terkait UMKM pada platform digital sangat mendukung dalam membantu mereka secara akurat dan cepat. Dengan adanya platform layanan pesan-antar makanan, UMKM akan sangat terbantu," tambahnya.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

Dari sisi penyedia platform online, GoFood memperkuat dukungannya dalam mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia dengan menghadirkan fitur dan inisiatif komprehensif yang membantu UMKM bangkit, beradaptasi, dan mengembangkan bisnisnya secara mandiri.

Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, dari awal berdiri, GoFood berkomitmen meningkatkan skala bisnis para pelaku usaha UMKM kuliner, salah satunya lewat platform edukasi dan berjejaring (networking).

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

Solusi komprehensif dari Gojek dan GoFood mendukung seluruh kebutuhan usaha UMKM kuliner maupun non-kuliner, diantaranya adalah Platform digital untuk memudahkan konsumen mencari dan mengakses produk UMKM (discovery) melalui GoFood dan GoShop, Fasilitas dapur bersama (cloud kitchen), Layanan marketplace belanja bahan baku melalui GoFresh, Opsi lengkap pembayaran nontunai dengan GoPay dan Midtrans Payment Link, Layanan logistik dan pengiriman cepat dengan GoSend Web Portal, Manajemen bisnis yang lebih efisien dengan perangkat terintegrasi seperti GoBiz, Spots, Selly, dan Moka. Serta pelatihan keterampilan berwirausaha dan networking  melalui wadah Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

“Selain dukungan pemerintah dan kesiapan penyedia platform seperti GoFood, kami mengajak masyarakat untuk terus mendukung UMKM dengan membeli produk-produk kuliner anak bangsa. Kami berharap penghasilan harian mitra UMKM tetap dapat terus meningkat sehingga tetap menggerakkan roda perekonomian selama pandemi,” tutup Catherine. (indra)

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU