Gugus Tugas Covid-19 Pinta HIPMI Bantu Masyarakat Terdampak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 30 Jun 2020 13:21 WIB

Gugus Tugas Covid-19 Pinta HIPMI Bantu Masyarakat Terdampak

i

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo

Besarnya dampak yang ditimbulkan, terutama pada sektor perekonomian, membuat kepala Gugus Tugas Covid-19 meminta kepada HIPMI untuk membantu.

Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, HIPMI bisa menggandeng perangkat desa untuk mengembangkan pariwisata berbasis komunitas dan alam.

“Dengan menggandeng semua elemen masyarakat dapat membangun desa wisata berbasis komunitas, misalnya membuat home stay, memberikan pelatihan, transportasi menggunakan sepeda untuk keliling menikmati keindahan alam Indonesia,” kata Doni saat bertemu dengan ketua Hipmi Maming Mardani di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, pada Selasa (30/6/2020).

Selain itu, Doni berharap HIPMI dapat menjadi inisiator dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk warga yang terimbas pandemi Covid-19.

"Diharapkan untuk bisa menciptakan lapangan kerja baru untuk mereka yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19. Salah satunya Pekerja Migran Indonesia (PMI)," ujar Doni sebagaimana dikutip dari siaran pers Gugus Tugas, Senin.

Menurut Doni, pekerja migran yang pulang ke Tanah Air mempunyai kemampuan bahasa asing yang dapat digunakan untuk menjadi pemandu wisatawan asing.

"Ada potensi mereka yang pulang dari luar, rata-rata mempunyai kemampuan bahasa asing yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pemandu wisata bagi wisatawan asing," ucap doni.

Sementara itu, HIPMI mengungkapkan jenis usaha yang masih dapat dikembangkan masyarakat, seperti makanan dan minuman khas setempat. Ini dapat dijadikan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat lokal. Namun, ini perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah seperti pemberian sertifikasi kepada produk lokal.

Sebagai informasi, harapan ini disampaikan ketika Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Senin (29/6/2020), bertemu dengan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) H. Maming Mardani untuk mendiskusikan dampak pandemi bagi para pekerja.p2

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU