Hari Terakhir Pasangan GIAT Mendaftar Ke KPU

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 06 Sep 2020 17:31 WIB

Hari Terakhir Pasangan GIAT Mendaftar Ke KPU

i

Pasangan GIAT mendaftar. SP/JUL

SURABAYA PAGI,  Pasuruan - Pasangan Raharto Teno Prasetyo - M. Hasjim Asjari (Tegas) mengawali mendaftar ke KPU Kota Pasuruan dihari pertama pendaftaran pemilu kepala daerah Kota Pasuruan tahun 20200, Jumar kemarin.

Diiringi sekitar dua ratusan orang dari kelompok seni bela diri pencak silat, seni tari Terbang Bandung, seni terbang Ishari, dan relawan Sahabat Teno, datang di kantor KPU di jalan Panglima Sudirman Kota Pasuruan, pukul 08.40 WIB.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Pasuruan Cek Gudang Logistik Pemilu

Di kantor KPU, rombongan paslon Tegas menuju aula di lantai dua, dihantar  pengurus partai pengusung yakni PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Nasdem, dan Partai Gerindra, serta ketua  tim kampanye, H.M.Aminurrokhman. Diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Pasuruan Roice Diana Sari didampingi komisioner lainnya.

"Paslon Tegas datang ke KPU dengan membawa berkas syarat pencalonan dan berkas syarat calon. Saya tidak perlu bicara panjang lebar karena kita semua tahu maksud kedatangan pasangan Tegas ini. berkas pencalonan dan berkas calon akan langsung diverifikasi  ketika paslon menyerahkan berkas tersebut saat mendaftar. Verifikasi yang dilakukan sifatnya hanya lengkap ada atau tidak." ucap Royce saat menerima kedatangan paslon Tegas.

Kemudian, dilakukan serah terima surat persyaratan. Berkas tersebut langsung diverifikasi oleh tim dan komisioner KPU. Verifikasi berlangsung sekitar 40 menit. Hasil verifikasi awal dibacakan oleh Royce, dan menyatakan bahwa surat persyaratan paslon Tegas dinyatakan lengkap-ada.

"Ada masa perbaikan berkas, jika tidak lengkap atau terkait keabsahaannya. Masa perbaikan berkas dimulai setelah pendaftaran sampai batas akhir tanggal 16 September 2020. Selanjutnya akan dilakukan verifikasi keabsahan dan verifikasi vaktual. Berkas syarat pencalonan harus lengkap-sah. Dan berkas syarat calon harus lengkap-ada, "terangnya.

Setelah menyatakan surat persyaratan lengkap-ada, Royce memberikan tanda bukti bahwa surat persyaratan sudah diterima KPU. " Hari ini kami terima surat persyaratan pencalonan dan syarat calon. Dan saya sampaikan kepada paslon Tegas, surat keterangan pemeriksaan kesehatan berisi jadwal dan SOPnya. Untuk calon, pemeriksaan kesehatan dilakukan di rumah sakit dr. Ramlan atau RSAL. Surabaya, "tutup Royce.

Baca Juga: KPU Kota Pasuruan Lakukan Setting Kelengkapan TPS

Berbeda dengan paslon Tegas, paslon Syaifullah Yusuf-Adi Wibowo memilih hari terakhir pendaftaran pada hari Minggu (06/09) pagi.

Giat, nama pasangan calon Gus Ipul (Syaifullah Yusuf) -Adi Wibowo, datang bersama rombongannya ke kantor KPU di Jalan Panglima Sudirman Kota Pasuruan menggunakan alat  transportasi tradisionil becak.

Dihantar oleh pengurus dan anggota partai pengusung dan pendukung yakni, PKB, Partai Golkar, PAN, PKS, dan PPP. Gus Ipul-Adi Wibowo menyerahkan berkas persyaratan pencalonan dan syarat calon kepada ketua KPU Kota Pasuruan, Toyce Diana Sari. Kemudian berkas persyaratan tersebut diterima oleh komisioner KPU Kota Pasuruan, dan langsung dilakukan verifikasi terhadap kelengkapan berkas persyaratannya.

Setelah diperiksa oleh tim KPU dengan menggunakan silon (sistim elektronik), kelengkapan berkas pasangan Giat bisa diterima. "Setelah melalui proses pemeriksaan, berkas persyaratan pasangan Gus Ipul-Adi Wibiwo bisa diterima. Dan selanjutnya kami serahkan Surat Tanda Terima Berkas Persyaratan, " ucap Royce Diana Sari, ketua KPU Kota Pasuruan.

Baca Juga: KPU Kota Pasuruan: Ada Enam Bacaleg yang Diganti Parpol

Royce juga memberi tahukan kepada kandidat jadwal pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan tanggal 6 sampai 7 September 2020 di RSAL Surabaya.

Sementara itu, anggota DPR-RI, M. Misbakhun, yang ikut menghantar pasangan Giat mengatakan, tim paslon Gus Ipul-Adi Wibowo, akan menggerakan mesin politiknya. Seluruh  jaringan partai pokitik akan rurun di kota Madinah ini, sebutan Kota Pasuruan yang punya arti, aman, makmur dan indah.

"Untuk memenangkan paslon Gus Ipul-Adi Wibowo, seluruh partai pengusung dan pendukung mulai dari  pengurus pusat, provinsi sampai tingkat daerah akan bekerja sama memacu mesin politik partai. Kami juga sudah mendapat restu dari ulama, kiyai, habaib dan tokoh masyafakat. Selain itu, jaringan relawan akan kita perbanyak lagi dan kita perkuat, "jelas Miabakhun. Dir

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU