Kelulusan Peserta IDCamp 2019 Lewati Target

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Jun 2020 14:42 WIB

Kelulusan Peserta IDCamp 2019 Lewati Target

i

Peserta ID Camp.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Indosat Ooredoo Digital Camp 2019 berakhir pada Februari lalu, dan karena pandemi Covid-19, perayaan kelulusan peserta pun harus mengalami penyesuaian. Beberapa waktu kemarin pihak Indosat baru saja menyelenggarakan acara Hari Kelulusan bagi developer muda Indonesia yang mengikuti IDCamp 2019 secara virtual.

Acara tersebut menampilkan 10 lulusan terbaik yang menerima sertifikat khusus dari Indosat Ooredoo, disaksikan oleh perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Sejak digelar pada Agustus 2019, seri pertama IDCamp menargetkan untuk menghasilkan 10 ribu talenta digital disertai dukungan kesempatan bekerja, dengan menyediakan beasiswa belajar coding online bersertifikasi global di 3 kelas pemrograman komputer yang paling populer, yaitu Android Developer, Kotlin Developer, dan Progressive Web Apps Developer.

Persyaratannya yaitu Warga Negara Indonesia dan berusia di bawah 29 tahun, pendaftaran yang ditutup pada pertengahan Oktober 2019 lalu mencatatkan jumlah peserta yang mencapai 26 ribu lebih. Peserta diberi waktu hingga Februari 2020 untuk menyelesaikan semua modul belajar dan proyek tugas akhir tanpa diperbolehkan meniru kode pemrograman milik developer lain, sehingga terpilihlah 5.268 developer muda Indonesia yang mendapatkan sertifikat IDCamp, dimana 4,737 diantaranya mendapat sertifikat level beginner, dan 531 mendapat sertifikat level expert.

President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengatakan pihaknya bangga atas besarnya antusias generasi muda Indonesia untuk menguasai dan meningkatkan coding untuk kemampuan programming.

"Program IDCamp secara konsisten membantu kami terhubung dengan talenta digital dengan cara yang bermakna, bertujuan untuk membantu kesiapan developer muda di masa tingginya permintaan talenta digital. Kami berkomitmen untuk melanjutkan dukungan dalam pengembangan ekosistem digital dan senang melihat munculnya developer muda membuka jalan mereka untuk mulai berkontribusi bagi kemajuan ekonomi digital Indonesia ke depan," katanya.

IDCamp 2019 diikuti paling banyak oleh kelompok usia 16-21 tahun sebanyak 64% dari total peserta. Kelas yang paling banyak diikuti adalah Android Developer dengan 48%, Progressive Web Apps 36%, dan Kotlin 16%. Jumlah peserta perempuan tercatat sebanyak 22%. Terdapat sekitar 2% peserta dengan disabilitas.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Semuel A. Pangerapan mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan Indosat Ooredoo dalam mendukung perkembangan ekosistem digital di tanah air dengan program IDCamp, yang memfasilitasi generasi muda Indonesia agar siap bersaing dengan talenta global.

"Kami berharap program seperti ini akan semakin banyak bermunculan agar kebutuhan talenta digital kita bisa terpenuhi oleh tangan-tangan anak bangsa yang berkarya demi kemajuan ekonomi digital Indonesia,” ujarnya.

Indosat Ooredoo kembali menyelenggarakan IDCamp yang kedua pada Maret 2020 lalu dengan tambahan materi belajar yang baru yaitu Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer, dan Machine Learning Developer.indra

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU