KH Hasyim Wahid, Adik Bungsu Gus Dur Meninggal Dunia

01 Agustus 2020 : 14:04:30

Liang lahat tempat persemayaman terakhir KH Hasyim Wahid di kompleks pemakaman Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang. (SP/M. Yusuf)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - KH Hasyim Wahid (67), atau Gus Im, yang merupakan adik kandung Almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur (Presiden RI ke-4) yang paling bungsu, meninggal dunia.

Gus Im meninggal dunia saat dirawat di Rumah Sakit (RS) Mayapada Jakarta pada Sabtu, (01/8/2020) pukul 04.18 WIB. Jenazah Gus Im akan dimakamkan di kompleks pemakaman di lingkungan Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Salah satu keluarga besar Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang, Mu'lina Shohib mengatakan, Gus Im
meninggal dunia karena gangguan ginjal yang dialaminya.

"Jenazah Gus Iim akan dimakamkan pada Sabtu, (01/8/2020) pukul 22.00 WIB malam. Alhamdulillah persiapan yang disiapkan keluarga besar pondok Mambaul Ma'arif sudah 90 persen," katanya, Sabtu (01/8/2020).

Saat ini, jelas Mu'lina, pihaknya tinggal menunggu kedatangan keluarga dari Jakarta. Makam Gus Im berada di sisi sebelah utara makam KH Bisri Syansuri. Tepatnya berdampingan dengan makam KH Abdul Wahid Aziz Bisri.

"Ini wasiat dari Gus Iim. Beliau minta disebelah Gus Wahid (sapaan akrab KH Wahid Aziz Bisri). Karena keduanya memliki hubungan emosional yang sangat dekat," pungkasnya.  

KH Hasyim Wahid atau Gus Im merupakan putra bungsu dari Menteri Agama RI pertama, KH Wahid Hasyim, cucu dari Pendiri Nahdlatul Ulama, KH Bisri Syansuri dari garis ibu.

Di lokasi Ponpes Mamba'ul Ma'arif, persiapan untuk prosesi pemakaman sudah mulai terlihat. Kursi dan meja sudah tertata rapi didepan rumah utama pengasuh pondok.

Dan beberapa santri membacakan ayat suci Alquran di masjid pondok. Kemudian, liang lahat tempat Gus Im disemayamkan di sisi barat masjid pondok juga sudah digali. suf





Berita Terkait