KKN Unesa Surabaya 2 Fokus Sosialisasi Pembelajaran Daring Era Pandemi

31 Juli 2020 : 14:52:32

Sosialisasi pembelajaran daring untuk guru SDN Dr. Soetomo I.SP/sb

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti smartphone merupakan salah satu penunjang dalam keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan. Dapat dijumpai banyak sekali anak-anak Sekolah Dasar hingga  SMA yang mayoritas telah memiliki smartphone pribadi khususnya di Surabaya. Namun yang patut disayangkan banyak diantara mereka yang masih kurang bijak dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi ini khususnya siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar. Mereka memanfaatkan smartphone hanya untuk bermain game online dengan teman-teman sebayanya sedangkan untuk kebutuhan School From Home yang sebagian dilaksanakan secara online masih minim perhatian.

Kerjasama antara siswa, guru dan orang tua dibutuhkan dalam melancarkan proses pembelajaran dalam jaringan. Oleh sebab itu mahasiswa Universitas Negeri Surabaya bersama Pegadaian selama bulan Juli 2020 melaksanakan Kuliah Kerja Nyata dengan program yang bertajuk “Merdeka Belajar”. Dalam program tersebut kami berupaya untuk membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat tentang pembelajaran daring serta sosialisasi dalam menjalani era New Normal. Program tersebut melibatkan beberapa elemen masyarakat mulai dari siswa-siswa Sekolah Dasar, wali murid siswa, guru Sekolah Dasar, perangkat desa dan juga masyarakat yang tinggal di wilayah Kelurahan Embong Kaliasin khususnya kampung Keputran Kejambon II Surabaya.

Simulasi pembelajaran daring via google meet

Dimulai dari melakukan edukasi kepada orangtua siswa tentang alasan diberlakukanya kebijakan belajar dari rumah hingga pada himbauan kepada orangtua agar dapat memantau anak-anaknya selama melakukan aktifitas School From Home. Kegiatan selanjutnya yaitu melakukan sosialisasi kepada anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar yang berada di wilayah RW 12 Keputran Kejambon II. Sosialisasi tersebut membahas tentang menjalani new Normal sekaligus sistem pembelajaran di era new normal beserta media pembelajaran yang dapat menunjang School From Home seperti aplikasi Googlemeet, K-Hoot, dan videocall grup whatsapp bagi siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran daring sesuai waktu yang diberikan oleh guru. Kami juga melakukan sosialisi alternatif media pembelajaran menggunakan video conference Google Meet dan juga platform quiz online K-Hoot karena dianggap lebih interaktif dan mudah dalam pengimplementasianya. Sosialiasi di SD dilakukan mulai tanggal 14 Juli 2020, yaitu pada SDN Dr. Soetomo I. Selanjutnya dilakukan lagi sosialisasi pada tanggal 22 Juli 2020 sampai 24 Juli 2020 di SDN Kaliasin I / 280, SDN Kaliasin 5 / 284 dan juga SDN Kaliasin 7 / 286 .

Sosialisasi pembelajaran daring ke guru SDN Dr. Soetomo I

Terdapat 3 poin penting dalam pembelajaran daring yaitu, tatap muka, materi pembelajaran, dan test. Untuk poin tatap muka, khususnya pada jenjang sekolah dasar masih sulit dilakukan. Berdasarkan hasil sosialisasi, sebagian guru di Dr. Soetomo I mengeluhkan bahwa 25% siswanya kesulitan dalam mengikuti pembelajaran daring ini. Salah satu guru mengucapkan “Ada yang baru bisa mengirim tugas pada malam hari, karena menunggu hp orang tuanya yang baru pulang kerja, bahkan ada dari kami yang harus mengirim tugas melalui SMS, karena hp dari mereka benar – benar belum mendukung. Sebenarnya dari kami sudah berupaya melakukan pembelajaran daring sebaik mungkin”. Dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan solusi agar guru dapat tetap melakukan tatap muka dengan siswanya. Ditemui di SDN Kaliasin 7 pada Rabu, 22 Juli 2020 Kepala Sekolah SDN Kaliasin 7 Drs.Supriyadi, M.M mengatakan bahwa beliau mengaku senang dan berterima kasih dengan adanya sosialisasi pembelajaran daring yang dilakukan di SDN Kaliasin 7 karena menurutnya hal tersebut yang saat ini tengah dibutuhkan oleh semua tenaga pendidik , beliau juga berharap nantinya sosialisasi ini juga dapat bermanfaat untuk menambah variasi media pembelajaran daring yang interaktif dan menarik walaupun pelaksanaanya dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing siswa.

Pembagian sembako

KKN Surabaya 2 Universitas Negeri Surabaya bersama pegadaian juga mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi dampak ekonomi akibat pandemi covid19 dengan cara memberikan bantuan kepada beberapa warga yang tinggal di RW 12 Keputran Kejambon Surabaya. Bantuan tersebut berupa paket sembako, masker, hand sanitizer, face shield. Paket kuota data internet juga diberikan kepada beberapa warga yang masih berstatus sebagai murid SD dan SMP untuk meningkatkan semangat belajar serta melancarkan proses pembelajaran dalam jaringan.sb01





Berita Terkait