Koopssus TNI Datangi Habib Rizieq

19 November 2020 : 21:55:48

Kendaraan taktis milik pasukan elite Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI menyisir dan mendatangi markas FPI.

Pasukan Elite Komando Operasi Khusus Lengkap Berkendaraan Taktis, Pantau dan Cek Markas FPI Petamburan Jakarta. Sebelumnya, juga Beberapa Baliho Habib Rizieq Mulai Diturunkan Satpol PP, Polri dan TNI

 

 SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Achmad Riad, membenarkan pencopotan baliho-baliho Rizieq di Jakarta, dicopoti bersama oleh TNI, Polri dan Satpol PP.

Achmad Riad meminta masyarakat mencermati video yang viral, sedang melepasi baliho baliho bergambar Habib Rizieq, Imam Besar FPI.

"Dilihat lagi gambarnya, dilihat lagi gambarnya, ya kan. Di gambarnya kan ada yang bajunya nggak baju TNI," kata Achmad Riad di Markas Wing I Paskhas, Halim, Jakarta Timur, Kamis kemarin.

Achmad Riad pun menjelaskan penurunan baliho ini tidak dilakukan TNI saja. Polisi dan Satpol PP, lanjutnya, juga ikut dalam kegiatan ini.

"Yang jelas itu dilaksanakan secara bersama. Ada Satpol PP-nya, ada polisinya, ya, TNI-nya di bawah membantu," ucapnya.

Sebelum Kamis, sudah ada viral di media sosial baliho bergambar wajah pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab, diturunkan.

Baliho ini diturunkan orang berseragam loreng. TNI menyatakan itu adalah operasi bersama dengan polisi dan satpol PP: TNI hanya bersifat membantu.

Dalam video yang beredar, Kamis (19/11) ada sebuah baliho berwajah Habib Rizieq diturunkan lima orang berpakaian loreng. Baliho ini tampak diturunkan saat hari sudah gelap. TNI menyatakan itu adalah operasi bersama.

dalam video ada orang memanjat tiang untuk menurunkan baliho ini. Tiga orang lainnya menarik kain baliho agar bisa dilepaskan dari bawah. Belum diketahui kapan dan di jalan mana kejadian tersebut. Tapi dipastikan di Jakarta.

 

Koopssus TNI Datangi Markas FPI

Sejumlah anggota pasukan elite yang tergabung dalam Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI mendatangi Markas Front Pembela Islam (FPI) pimpinan Habib Rizieq Shihab di Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (19/11/2020).

Dari video viral yang diterima Surabaya Pagi dan SURABAYAPAGI.com, terlihat sejumlah kendaraan taktis (Rantis) Koopssus TNI yang dikawal satu patroli motor melintas di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat. Rantis tersebut kemudian menghentikan kendaraannya di depan gang Markas FPI sambil membunyikan sirene.

Berdasarkan data yang dihimpun, Koopssus merupakan gabungan pasukan elite dari tiga matra yakni, Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang merupakan pasukan elite TNI AD, kemudian Detasemen Jala Mengkara (Denjaka), pasukan elite TNI AL dan Paskhas, pasukan elit TNI AU.

Koopssus resmi dibentuk setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia. Secara struktur komando, Koopssus TNI merupakan bagian dari Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) di bawah Panglima TNI yang sewaktu-waktu bisa digerakkan dan diterjunkan oleh Panglima TNI atas perintah Presiden RI.

 

FPI Benarkan Didatangi Pasukan TNI

Front Pembela Islam (FPI) menanggapi video yang beredar di media sosial terkait sejumlah pasukan TNI berkeliling di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat. Diketahui, lokasi tersebut merupakan markas FPI.

Wakil Sekretaris Umum (Wasekum) DPP FPI, Azis Yanuar membenarkan peristiwa datangnya sejumlah pasukan TNI ke Jalan petamburan III. Dia menyampaikan kejadian pada siang ini.

"Oh iya benar. Dia cuma lihat-lihat aja kan tadi, tapi enggak ngapa-ngapain kok," kata Azis saat dikonfirmasi iNews.id, Kamis (19/11/2020).

Azis mengaku tak mengetahui maksud di balik kedatangan pasukan TNI tersebut. Sebab, dia tak memberikan informasi tentang kedatangannya kepada pihak sekretariat.

"Tadi saya di sekretariat, enggak ada (informasi) tadi," ujarnya.

Sementara, Muhidin salah satu pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di depan Jalan Petamburan III menyampaikan kesaksiannya. Katanya, pasukan TNI itu datang sekitar pukul 14.00 WIB.

"Tadi ada TNI ramai 10 motor, berdua-dua. Siang nongkrong sini. Tapi enggak tau ngapain, sempat nongkrong terus masuk ke sini nih (Jalan Petamburan III)," katanya Muhidin.

 

Habib Rizieq Jeda Sejenak

Front Pembela Islam (FPI) mengungkap kondisi terkini Habib Rizieq Syihab (HRS). Pemimpin FPI itu saat ini sedang menjalani masa istirahat dan memilih waktu jeda sejenak.

"Bahwa IB HRS saat ini memilih untuk istirahat, jeda sejenak," kata Ketum FPI Ahmad Shabri Lubis dalam keterangannya, Kamis (19/11/2020).

Shabri mengatakan Habib Rizieq harus beristirahat usai menjalani serangkaian acara dari 10 hingga 14 November 2020. Habib Rizieq juga, sebut Shabri, tidak bisa menghadiri acara dengan jumlah massa besar. FPI belum dapat memastikan kapan Habib Rizieq bisa kembali memulai kegiatannya kembali. erc/sn/inw/rmc





Berita Terkait