Maestro Campursari Didi Kempot Meninggal Dunia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 05 Mei 2020 21:16 WIB

Maestro Campursari Didi Kempot Meninggal Dunia

i

Didi Kempot

Kabar duka kembali menghantam dunia musik Tanah Air, maestro campursari Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa, 5 Mei 2020 pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo. Didi dikabarkan meninggal akibat serangan jantung. Penggemarpun dibikin ambyar seambyar-ambyarnya.

 

Karier Didi Kempot bisa dibilang menyala kembali dalam beberapa tahun terakhir hidupnya. Didi yang sudah eksis sejak tahun 1989 seolah terlahir kembali di 2019 berkat pada Sad Boys dan Sad Girls, julukan penggemar muda karya-karya campursarinya.

 

Tahun lalu, lagu-lagunya kembali diminati pendengar, terutama di kalangan generasi milenial. Konser-konsernya penuh sesak, semua yang hadir fasih melantunakn setiap liriknya. Ia pun dijuluki sebagai The Godfather of Broken Heart oleh mereka. Beberapa lagu yang viral lagi antara lain Stasiun Balapan, Pamer Bojo, Cidro, dan yang terbaru Ambyar.

 

Sering merajai trending Twitter, Didi Kempot bahkan dipanggil Lord Didi.  Atas pencapaiannya di dunia musik Indonesia, ia meraih penghargaan Lifetime Achievement dalam ajang Billboard Indonesia Music Awards (BIMA) 2020, pada Februari lalu.

 

"Terima kasih tentunya untuk Billboard Indonesia, tentunya sobat ambyar, sad boy, sad girl," kata Didi Kempot di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu, 26 Februari 2020.

 

Musiknya mendunia, Didi Kempot punya perjuangan yang luar biasa. Dalam sebuah acara di televisi swasta,  Didi Kempot mengenang masa lalunya sebagai pengamen jalanan.

 

Adik kandung pelawak Mamiek Prakoso itu juga menceritakan sulitnya bertahan hidup di Jakarta sebagai pengamen. Ia pun patungan dengan sejumlah temannya untuk menyewa kamar kost.

 

Didi juga menceritakan apa makna dibalik nama Kempot yang membuatnya menjadi terkenal. Ia pun sempat menangis mengingat sahabat dekatnya yang mengantarnya ke pintu kesuksesan. "Kempot itu singkat kelompok penyanyi trotoar," ujar Didi Kempot.

 

Donasi Rp 7,6 Miliar

 

Didi Kempot redup di puncak kejayaanya. Bahkan sesaat Sebelum meninggal Didi masih sempat menggelar konser amal untuk korban Covid 19. Penggalangan donasi lewat konser itu mencapai angka fantastis, yakni Rp7,6 miliar.

 

“Gw juga amazed di beberapa tahun terakhir ini nama Didi Kempot jadi sangat naik banget dan sampai sampai diberi julukan “Godfather of Broken heart”.. Dan dengan ketenaran beliau di akhir hidupnya, beliau juga sempat galang donasi sampai Rp 7,6 Miliar untuk perangi Covid-19,” tulis Daniel Mananta dalam akun Instagramnya.

 

Dan satu lagi, sebelum meninggal dunia, Didi Kempot tengah mempersiapkan konser bertajuk Konser Ambyar Tak Jogeti yang akan digelar pada 14 November 2020, di Stadion GBK.

 

Awalnya, konser yang digelar untuk memeringati 30 tahun berkarier sang musisi itu akan dihelat pada 10 Juli mendatang. Namun karena wabah virus corona akhirnya ditunda hingga 14 November 2020. “Konser ini adalah penghargaan untuk musik tradisional Indonesia, sekaligus memperingati 30 tahun saya berkarya,” kata Didi saat ditemui di Hotel Santik, Jakarta Timur, Selasa (10 Maret 2020) lalu.

 

Unggahan mengenai informasi konser tersebut pun menjadi unggahan terakhir Didi Kempot di Instagram. Akun Instagram Didi Kampot dikelola oleh tim dari Didi Kempot.

 

Punya Dua Istri

 

Proses pemakaman Didi Kempot dilingkupi haru dengan kehadiran keluarga, orang penting hingga pecinta Didi Kempot. Berpulangnya Didi Kempot ke pangkuan pencipta membuka beberapa fakta yang selama ini tak banyak orang tahu.

 

Selain itu, kehidupan pribadi Didi Kempot yang tidak terekspose jadi sebuah informasi baru. Pemilik nama lahir Dionisius Prasetyo memiliki 2 orang istri, Safitri dan Yan Vellia. Dari pernikahan yang pertama, Ia dikaruniai 3 orang anak. Belum genap 1 tahun, anak sulung bernama Lintang dipanggil pemilik semesta. Didi Kempot pun dimakamkan sebelah makam Lintang, di TPU Dukuh Jatisari, Majasem, Kecamatan Kendal, Ngawi, Jawa Timur. Sementara anak kedua, bernama Siola. Anak ketiga meninggal dalam kandungan.

 

Kalau dari pernikahan kedua dengan Yan Vellia, Didi Kempot juga mempunyai 2 buah hati. Bernama, Saka (10 tahun) dan Seka (4 tahun). Hati yang hancur tentu dirasakan kedua istri Didi Kempot. Jika, Safitri pingsan saat proses pemakaman, Yan Vellia tak henti menangis saat di rumah sakit.

 

Salah satu akun gosip di Instagram, @lambe_turah menyampaikan duka lewat unggahan foto penampakan jenazah Didi Kempot yang salah satunya ditemani sang istri, Yan Vellia. "Selamat jalan GodFather Of Broken Heart,Ambyar beneran hati ini," tertulis dalam postingan, 5 Mei 2020. Potret itu memicu haru lantaran melihat kesedihan Yan Vellia. Sambil memegang kepala almarhum, tangisannya pecah di depan jenazah sosok tercinta. Banyak hati netizen dibuat patah atas kabar duka ini. n jk/er/ril

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU