Pemkot Blitar Gelontarkan Dana Darurat Covid-19 Sebesar Rp 11 Miliar

30 September 2020 : 15:52:46

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Pemkot Blitar tengah menyiapkan anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 11 miliar. Anggaran tersebut disiapkan jika sewaktu-waktu di Kota Blitar ada kejadian darurat terkait pandemi covid-19.

Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Johanes mengatakan bahwa anggaran tak terduga tersebut sudah disetujui di perubahan APBD Kota Blitar 2020. 

“Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sekitar Rp 11 miliar. Anggaran ini untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu di Kota Blitar terjadi kejadian luar biasa terkait covid-19. Anggaran ini untuk jaga-jaga. Semoga saja situasi di Kota Blitar tetap kondusif, tidak terjadi ledakan kasus Covid-19,” ungkap Widodo, Rabu (30/9/2020).

Pemkot Blitar sudah berusaha semaksimal mungkin dengan berbagai cara untuk menekan angka Covid-19 di daerahya. Di antaranya Pemkot meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) ikut mendukung penanganan dampak ekonomi dan dampak sosial akibat pandemi Covid-19 di masyarakat.

“Di beberapa OPD, beberapa program kegiatan diarahkan untuk mensuport penanganan dampak ekonomi dan dampak sosial dari Covid-19. Di antaranya seperti menggelar pelatihan ekonomi kreatif bagi warga terdampak Covid-19. Kemudian program-program dari OPD didorong untuk bisa menggerakkan masyarakat terdampak. Semisal contoh, program padat karya mandiri tunai dan pekerjaan fisik di PU bisa melibatkan masyarakat," ujarnya. 

Sekedar diketahui, Pemkot Blitar sebelumnya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 62 miliar untuk penanganan pandemi Covid-19. Dana tersebut berasal dari refocusing anggaran dari seluruh OPD. Selain penanganan kesehatan, dana tersebut juga dipergunakan untuk penanganan ekonomi dan sosial di masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Dsy15

 





Berita Terkait