Pemkot dan Instansi di Kediri Sinergi Dorong UMKM Go Internasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 02 Sep 2020 10:45 WIB

Pemkot dan Instansi di Kediri Sinergi Dorong UMKM Go Internasional

i

Sejumlah instansi di Kediri, Jawa Timur, bersinergi mendorong UMKM lokal mengembangkan pasar ekspor. SP/ TRB

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Sejumlah instansi di Kediri, Jawa Timur, bersinergi mendorong UMKM lokal mengembangkan pasar ekspor. Langkah ini untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional usai dihantam badai pandemi Covid-19.

Sinergi antara Pemkot Kediri, Bank Indonesia Kediri, Kadin Kota Kediri serta Bea Cukai melepas ekspor produk dari 47 UMKM ke Australia dan Belanda.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Banyak produk yang akan dikirim kesana dan harapannya ada keberlanjutan dan bisa memperoleh feedback dari penjualan tersebut. Sehingga UMKM Kota Kediri tidak stagnan hanya go to market place tetapi juga go to internasional dengan cara mengoneksikan para pelaku UMKM ini dengan para diaspora Kota Kediri dan kedutaan luar negeri di Belanda dan Australia.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

”Pada masa pandemi ini, perekonomian lemah tapi kita ada banyak terobosan, ada banyak loncatan salah satunya adalah go to internasional sama go to marketplace. Bagi UMKM Kota Kediri ini tantangan yang luar biasa sekali dan kita minta UMKM juga harus siap untuk mandiri dan harus siap untuk transformasi ini,” terang Abdullah Abu Bakar.

Farid Fahrudi, Kasi Pelayanan PKC II Bea Cukai Kediri yang menghadiri acara tersebut mengatakan, dalam mendorong UMKM go internasional Bea Cukai Kediri siap membantu dengan fasilitas kepabeanan yaitu berupa kemudahan impor tujuan ekspor bagi pelaku usaha atau IKM (KITE IKM).

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

“Selain itu, Bea Cukai Kediri juga telah banyak melakukan kegiatan pelatihan prosedur ekspor kepada para pelaku usaha, dan jika diminta akan selalu siap mengisi kegiatan asistensi,” pungkas Farid. Dsy5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU