Petrokimia Gresik Siap Salurkan Pupuk Bersubsidi 2021

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 23 Des 2020 17:27 WIB

Petrokimia Gresik Siap Salurkan Pupuk Bersubsidi 2021

i

Dirut PG dan DOP PG saat menyerahkan hadiah kepada SPDP terbaik.

SURABAYAPAGI, Gresik - Petrokimia Gresik menggelar "Commitment Meeting" bersama dengan 661 distributor dari seluruh Indonesia di Bandar Lampung (15/12), Makassar (17/12), Surabaya (21/12), dan Semarang (22/12).

Dalam kegiatan ini, Petrokimia Gresik dan distributor menandatangani sejumlah komitmen penting. Diantaranya adalah komitmen menolak praktik korupsi dan gratifikasi, penandatanganan Pakta Integritas Distributor, penandatanganan Pakta Integritas untuk Staf Penjualan Daerah Perwakilan (SPDP) Petrokimia Gresik, dan penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) untuk penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2021.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Kirimkan Bantuan Korban Terdampak Gempa Bumi di Pulau Bawean

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan bahwa penyaluran pupuk bersubsidi pada 2021 tidak akan kalah menantang dibandingkan 2020, karena dampak pandemi Covid-19 akan masih terasa.

Kendati demikian, lanjut Dwi Satriyo, guna mengawal musim tanam, pihaknya membangun komitmen bersama distributor resmi untuk mendukung penyaluran pupuk bersubsidi dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dalam penyalurannya.

"Kami ingin memastikan dan mengajak distributor berkomitmen menyediakan stok pupuk bersubsidi di gudang mereka untuk kebutuhan petani minimal 2 (dua) minggu ke depan sesuai dengan alokasi," ujarnya.

Baca Juga: Dorong Produktivitas Tebu, Petrokimia Gresik Perkuat Kerjasama Program Makmur Bersama SGN

Selain itu, Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) dan Petugas Penjualan Daerah (PPD) juga diimbau agar semakin aktif menggandeng kios, kelompok tani, dinas pertanian provinsi maupun kabupaten/kota untuk mengoptimalkan penyerapan pupuk bersubsidi.

"SPDP dan PPD harus ikut membantu memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai mekanisme penebusan pupuk bersubsidi terutama di masa-masa relaksasi penggunaan Kartu Tani, supaya tidak terjadi kebingungan di petani maupun kios," tandasnya.

Baca Juga: Pabrik Semen Gresik di Rembang Ditetapkan sebagai Obyek Vital Nasional

Dwi Satriyo menambahkan, dalam menjaga ketersediaan pupuk bagi petani, selain pupuk subsidi, Petrokimia Gresik juga menyediakan pupuk non-subsidi (komersil) di kios-kios binaan. Phonska Plus, Petro Ningrat, SP-36 Petro, ZA Petro, dan Petro Nitrat bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa diberikan kepada petani untuk semakin meningkatkan produktivitas lahan yang mereka miliki.

Sugeng Rianto, salah seorang distributor (CV Pandan Wangi), wilayah kerja di Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menyatakan siap dan berkomitmen mendukung pemerintah dalam penyaluran pupuk bersubsidi 2021 Demi kelancaran penyaluran, stok distributor sudah kita penuhi. "Armada dan finansial kami juga sudah siap," ujarnya. did

Editor : Aril Darullah

BERITA TERBARU