Polres Blitar Gelar Deklarasi Damai Bersama Toga, Ormas dan Mahasiswa

16 Oktober 2020 : 14:59:58

SURABAYAPAGI.com, Blitar -  Guna antisipasi situasi yang Kondusif dan aksi anarkis maupun kekekerasan akhir akhir ini, Polres Blitar menggelar Deklarasi Damai bersama Tokoh Agama, elemen Ormas serta perwakilan Mahasiswa, Jumat (16/10/2020) di gedung Rupatama Polres Blitar.
Deklarasi tersebut di hadiri oleh: 
Ketua FKUB Kab. Blitar
K.H. Agus Muadzin, M.Pd.
Kadindik. Kab. Blitar
Drs. Budi Kusumarjaka
Ketua Bamag Kab. Blitar
Sabar Sitompul
Ketua PHDI Kab. Blitar Lestari.

Dalam kesempatan itu Kapolres Blitar AKBP.Ahmad Fanani Eko Prasetya S.IK menyampaikan dengan Deklarasi Damai ini mengharapkan dan mengajak pada warga masarakat Kabupaten Blitar bangga sebagai warga Blitar dan Allhamdulillah sampai saat ini wilayah Kabupaten Blitar dengan situasi yang Kondusif.

Untuk itu saya sebagai Kapolres Blitar mengundang para tokoh tokoh Agama , Tokoh Masyarakat termasuk adik-adik Mahasiswa untuk mendukung dan ikut menyampaikan kepada warga masyarakat Blitar dimana saat ini kita menghadapi gawe besar yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar, untuk itu mari kita pertahankan dan terus jaga kerukunan, ketentraman sekaligus kedamaian dengan situasi yang Kondusif, apa lagi situasi masih dalam masa pandemi Covid-19 untuk itu mari kita tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

"Kami berharap dan yakin seyakinya para tokoh Ulama tokoh Masarakat dan ormas,Mahasiswa ikut berperan serta dalam situasi yang sudah Kondusif ini, juga untuk menyampaikan Informasi yang benar pada masarakat sehingga warga Blitar tidak gampang terprovokasi isu yang menyesatkan sehingga dapat memecah belah persatuan." Tandas AKBP. Ahmad Fanani.

Lebih jauh AKBP.Ahmad Fanani, menggambarkan - masih banyaknya warga yang salah kaprah dimana saat ini terlalu gampang terprovokasi berita hoax terkait dengan ajakan untuk aksi aksi apa lagi untuk melalukan pengrusakan fasilitas umum.

Terkait dengan UU OMNIBUS LAW tersebut, AKBP. Ahmad Fanani mengatakan aksi Unjuk rasa apa lagi merusak fasilitas umum jangan untuk itu dia berharap jangan mudah terprovokasi hanya mendengar informasi sebatas katanya.

Sementara Ketua FKUB Kab Blitar K.H. Agus Muadzin menyampaikan dan mengajak untuk bersama sama untuk menjaga dan memberi informasi yang benar dan tidak Hoax pada masarakat, dimana indonesia adalah rumah kita bersama, marilah kita berdoa bersama ,serta menyatukan bersama semoga Allah tetap menjaga ketentraman, kedamaian seluruh masarakat kususnya warga Kabupaten Blitar dan Blitar Raya, tidak lupa kita memohon agar pandemik Covid-19 segera hilang dan sirna dari Bumi Indonesia, dan kita tetap dalam lindungan Allah SWT.

Mengakhiri acara,sebelum penanda tanganan Deklarasi Damai oleh peserta undangan, KH. Agus Muazin M.Pd membacakan Ikrar Damai yangi ikuti seluruh peserta.

Isi Deklarasi Damai terdapat lima point diantaranya

1. Menjalin Persaudaraan, Kebersamaan dan menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan Bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1995.

2. Menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Blitar.

3. Menolak segala bentuk kegiatan anarkisme kekerasan dan teror dalam kegiatan unjuk rasa yang dapat mengganggu ketertiban umum.

4. Bersama sama mewujudkan situasi yang aman, tertib, kondusif, sejuk dan damai dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Blitar mengedepankan upaya koordinasi, komunikasi dan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah. Les





Berita Terkait