Renovasi Stadion Gelora 10 November Jelang Piala Dunia U-20

20 Desember 2020 : 20:43:06

Stadion stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya direnovasi oleh Pemkot Surabaya yang rencananya dapat digunakan untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 dengan menelan anggaran berkisar Rp 6,4 Miliar.Minggu (20/12). SP/Patrik Cahyo 

SURABAYAPAGI, Surabaya – Kota Pahlawan ditunjuk sebagai tuan rumah dalam ajang Piala Dunia U-20.  Stadion Gelora 10 November menjadi tempat perhelatan Piala Dunia tengah dalam progres penyelesaian renovasi secara serius oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Saat Wartawan Surabaya Pagi mendatangi Gelora 10 November, terlihat para pekerja tengah mengerjakan proyek renovasi pemasangan rumput sintetis di lintasan lari estafet yang berdamping dengan lapangan inti bola.

Sejauh ini, lapangan bola sudah selesai direnovasi mulai dari rumput sintetis maupun dua tiang gawang sudah diganti total. Tempat kursi bench untuk para pemain sepak bola terpasang dengan rapi. Tribun stadion terlihat sudah dalam proses renovasi pemugaran warna tempat duduk.

“Saat ini proses pemasangan rumput sintetis mas, untuk progres selanjutnya saya kurang tahu,” ucap Indra petugas keamanan saat ditemui di Gelora 10 November Surabaya, Minggu (20/12).

Ia menambahkan selain itu ada pengecoran tempat genset, pemasangan lampunya stadion masih dalam proses dikarenakan barangnya baru datang sorean. Terlihat konstruksi rangka tiang lampu sudah terpasang di bagian sudut – sudut lapangan.

Dari pengamatan lapangan bahwa, kondisi pagar pembatas penonton kondisinya berkarat banyak yang belum diperbaiki. Selain itu papan score juga belum tersentuh sama sekali kondisinya rusak parah.

Renovasi_G10N_-_Patrik__(5)

Pekerja menyelesaikan pengerjaan pemasangan rumput sintetis di arial lapangan Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Surabaya, Minggu (2012).SP/Patrik Cahyo

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santoso menjelaskan kapasitas lampu di G10N bakal disesuaikan dengan standar FIFA. Sesuai standar internasional dalam menyambut Piala Dunia U-20,” saat dikonfirmasi melalui telepon.

“Hasil pengerjaannya sudah bagus, kemarin sudah dilakukan uji coba oleh pemain – pemain legend. Lapangan bola sudah super baik karena memenuhi standar nasional, yang pasti 4 komponen stadion yaitu ruang ganti, lampu penerangan, pagar dan rumput lapangan,”ucapnya.

Setelah renovasi kebijakan ditangan PSSI karena yang mengatur untuk bisa dibuat bermain, bukan kewenangan kita lagi dan dikoordinasikan,”imbuhnya.

Sementara itu, Sugirwadi (51) salah satu penjual pakaian yang berjualan di luar stadion Gelora 10 November mengatakan untuk kebaikan apa yang kita nggak dukung, tetap mendukung. Kami menyambut baik dengan adanya renovasi yang nanti berimbas ke penjualan.

Kita rakyat kecil dikasih kesempatan untuk eksistensi dalam berjualan, apalagi menyambut Piala Dunia  U-20 tetap mensupport agar tetap berjualan. Misalnya ada event besar kita selalu koordinasi dengan Wilayah, selalu siap untuk mensterilkan tempat dagang kalo dibuat event.

“Sangat ngefek sekali kondisi seperti ini. Apalagi sekarang masih pandemi, masih mensyukuri bisa berjualan meskipun tak seberapa penghasilnya,”pungkasnya. Pat





Berita Terkait