Sah, Pertamina Sepakati Penjualan Gas Bumi 318,65 BBTUD

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jun 2020 14:41 WIB

Sah, Pertamina Sepakati Penjualan Gas Bumi 318,65 BBTUD

i

Petugas pertamina yang tengah melakukan pemeliharaan kilang. SP/KOM

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Sebagai bentuk dukungan terhadap kebutuhan industry domestic dalam situasi New Normal, PT Pertamina (Persero) akhirnya sepakati penjualan gas bumi sebesar 318,65 Billion British Thermal Unit per Day (BBTUD) yang berlaku hingga 2024 dan dapat diperpanjang kembali.

Sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 89 Tahun 2020 kesepakatan tersebut dilakukan lewat anak usaha hulunya, PT Pertamina EP dan PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Penandatanganan kesepakatan dilakukan secara virtual oleh Direktur Utama Pertamina EP dan Direktur Utama PHE di hadapan Menteri ESDM Arifin Tasrif sepekan silam.

Baca Juga: Selama Periode Maret 2024, Pertamina Tambah 394 Ribu Tabung LPG 3 Kg di Jateng dan DIY

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyampaikan, volume gas bumi yang berhasil disepakati mencapai 26,7 persen dari total 1.188 BBTUD yang diatur dalam Kepmen ESDM tersebut.

“Pertamina telah menyepakati penjualan gas bumi untuk tiga sektor utama yakni pupuk, baja dan industri,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Senin (6/1/2020).

Baca Juga: Menteri BUMN Tegaskan Mundurnya Ahok dari Komisaris Tak Hambat Kinerja Pertamina

Adapun untuk setiap sektornya, Fajriyah merinci sektor pupuk volumenya mencapai 183,2 BBTUD, sektor baja 10 BBTUD dan sektor industri sebesar 125,45 BBTUD. Dari jumlah tersebut, Pertamina EP akan menyuplai 277, 55 BBTUD dan PHE ONWJ menyuplai 41,1 BBTUD.

“Perjanjian penjualan gas bumi untuk sektor pupuk telah ditandatangani antara Pertamina EP dengan PT Pupuk Sriwidjaja untuk wilayah Sumatera Selatan, dan PHE ONWJ dengan PT Pupuk Kujang Cikampek untuk industri pupuk di wilayah Jawa Barat,” imbuh Fajriyah.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya AH. Thony Mendorong Kepastian Hak Milik Tanah Warga Bendul Merisi Jaya

Fajriyah menambahkan, untuk sektor baja Pertamina EP telah menandatangani kesepakatan penjualan gas bumi dengan  PT Krakatau Steel yang beroperasi untuk wilayah Jawa Barat, DKI dan Banten.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU