Selebgram Sherly Lembono Bagikan Tips Sehat Bagi Pejuang ASI, Yuk Simak

03 September 2020 : 09:36:50

Sherly Lembono menunjukkan stok ASI hasil pumping di rumah, Kamis (03/8/2020). SP

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Selebgram sekaligus influencer Surabaya Sherly Lembono sering kali berbagi tips-tips sehat seperti diet pasca melahirkan dan momen menyenangkan bersama buah hatinya di Instagram. Disalah satu postingan Instagramnya banyak sekali kelucuan sang putra Jason Miles Gamafu yang selalu mengundang rasa gemes. 

Namun siapa sangka jika di tengah kesibukan, Sherly Lembono masih sempat memberikan asupan Air Susu Ibu (ASI) pada bocah kecil tersebut. Hebatnya lagi, kelebihan ASI ia berikan ke pondok sehat bagi anak-anak yang membutuhkan.

Dalam sebulan selebgram cantik ini bisa menyumbangkan minimal 150 pack ASI dan paling banyak hingga 450 pack ASI.

Meskipun pada awalnya ia sempat dilema. Namun wanita kelahiran 14 Oktober 1994 ini akhirnya mantap melanjutkan langkah mulia itu. 

"Jujur saya dilema sih kapan hari mau beri ASI ngga? Ntar kalau nggak cocok gimana? Dan lain lain. Jujur juga saya takut nanti tiba-tiba kekurangan ASI gimana? Menyesal dong nanti? Karena ada temen saya setelah beberapa bulan beri ASI, produksi ASI menurun jadi tambah bingung," kata Sherly Lembono.

Di balik itu semua, Sherly Lembono mengaku butuh perjuangan dan tekad keras. Apalagi ia harus memastikan agar proses pompa ASI tidak over maupun kurang. Bahkan ia rela kehilangan banyak waktu tidur. 

"Susah-susah gampang loh butuh tekad keras karena kalo berlebih juga dan jarang mompa bisa masitis. Ada temen aku sampe kena masitis terus operasi," ujarnya. 

Tapi itu semua tidak mengendorkan niatnya menjadi pejuang ASI. "Memang, terkadang ada saat jenuh dan capek ngantuk-ngantuk saat subuh," sambungnya. 

Ia menyarankan bagi ibu-ibu yang ingin menyumbangkan ASI salah satunya bisa ke Pondok Hayat Surabaya. "Kalian nanti dapat bukti ya buat penerimaan barang jadi jangan kuatir," ajaknya. 

Sherly Lembono mencoba menghindari stres dan berbagi tips agar ASI lancar. Apalagi ia membutuhkan perjuangan cukup berat dan mahal. 

Antara lain, moms harus meluangkan waktu setiap saat untuk memompa ASI pagi, siang, sore, malam maupun subuh. Belum lagi perjuangan bangun tengah malam dan saat puting luka lecet beset sakit tetep harus pumping. Sherly Lembono juga menyiapkan 18 dus plastik ASI untuk tiga bulan. 

"Sementara ini hasil pump aku 1500-1900ml naik turun wajar kok," urainya. 

Moms juga harus menyediakan kulkas khusus untuk ASI, membeli vitamin, makan makanan yang sehat bergizi untuk asupan gizi bayi, membeli pompa ASI dan keperluan pompa lainnya termasuk botol kaca, pijat laktasi, membeli booster asi dan susu-susu penunjang seperti almond dan susu lain. 

Sherly Lembono mengajak para ibu muda pejuang ASI untuk semangat pumping. Ia bahkan menunjukkan foto stok ASI di kulkas agar moms turut bersemangat. "Pasti ada capek jenuh boring lelah bosan nggak papa dijalani aja pokoknya jangan stres," katanya memberi semangat. 

Bagi moms yang ingin mengikuti perjuangan Sherly Lembono, ada beberapa tips khusus memperbanyak produksi ASI. Mulai memperbanyak asupan makanan bergizi, minum air putih, jangan stres, rajin pumping per-dua jam, minum vitamin atau booster ASI, dan istirahat cukup. 

Selain berbagi tips untuk para pejuang ASI, Selebgram cantik ini juga berbagi cara diet yang sehat pasca melahirkan dan menyusui.

Pasca melahirkan memang fase yang menyenangkan bagi para ibu. Tak terkecuali, influencer Sherly Lembono. Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar para ibu tetap bisa menjaga berat badannya secara ideal.

Selebgram asal Surabaya ini mengaku, berat badannya saat awal kehamilan 49,2 kg. Seiring berkembangnya janin di perutnya sampai melahirkan, berat badan Sherly Lembono akhirnya naik menjadi 65,5 kg.

"Awalnya bingung gimana cara menurunkan, padahal aku juga menyusui dan harus merawat anak. Tapi setelah ku jalani dengan metode tepat. Hasilnya 6 bulan saja berat badanku turun lebih rendah menjadi 46 kg (turun 19,5 kg),"kata Sherly Lembono.

Influencer 1 anak ini memiliki tips diet sehat yang dijalani selama menyusui dan mengurus anak. Pertama dengan olahraga pagi seperti jogging sekitar 30 menit untuk membakar kalori. Kedua yang tak kalah penting adalah mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak.

"Sehari biasanya aku konsumsi sampai 4 liter air putih karena aku menyusui anak dan juga olahraga jogging," tutur selebgram cantik ini.

Tips yang ketiga, lanjut Sherly Lembono Lembono, memperbanyak protein dan mengurangi karbohidrat saat makan juga faktor penting. Namun, untuk ibu menyusui penting memperhatikan porsi kebutuhan asupan gizi tubuhnya karena kondisi tubuh setiap orang berbeda.

"Kalau aku lebih suka makan nasi sedikit tapi lauknya banyak. Bahkan beberapa kali aku hanya mengkonsumsi karbohidrat hanya dari kentang rebus, daging dan salmon sebagai pengganti rasa lapar," jelasnya.

Dia menambahkan, tips diet saat makan juga harus disesuaikan dengan selera. Sebab, makan yang tidak sesuai selera justru membuat diet gagal dalam waktu dekat. Oleh karena itu, memastikan makanan diet sesuai dengan selera agar terasa enak dan mengeyangkan dengan tetap menghindari karbohidrat yang berlebih.





Berita Terkait