Stok Darah PMI Menipis, PT PRIA Donorkan Ratusan Kantong Darah

29 September 2020 : 18:37:43

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto  - Pandemi covid - 19 berimbas pada menipisnya stock darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mojokerto. Bahkan, penurunan pasokan darah mencapai 50 persen pada masa awal pandemi. 

Seiring dengan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Indonesia, kebutuhan stock darah juga semakin meningkat. Sampai saat ini PMI mengakui bahwa stock darah mulai membaik, namun belum 100 persen normal.

Kondisi ini memantik kepedulian PT. Putra Restu Ibu Abadi (PT PRIA) untuk  melaksanakan agenda rutin Donor Darah. Inn bertujuan untuk membantu meningkatkan stock darah di PMI.

Pabrik pengolah limbah B3 ini bekerjasama dengan PMI Kabupaten Mojokerto menggelar Aksi Donor Darah di area Plant PT PRIA, Selasa (29/09/2020). Kegiatan Donor darah di PT PRIA termasuk dalam program kerja Tim Panitia Pelaksana Keamanan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (P2K3L) sekaligus progam Corporate Social Responsibility (CSR) PT PRIA yang dilaksanakan rutin setiap 3 bulan sekali. 

"Kegiatan ini didukung penuh oleh perusahaan. Seluruh tingkatan karyawan, mulai dari operator sampai dengan jajaran Direksi.Untuk kali ini, PT PRIA turut mengundang partisipasi warga sekitar dalam agenda ini," ujar Mujiono, Manager Plant PT PRIA.

Ia menyebut, kegiatan donor darah ini tetap menerapkan protokol kesehatan Pencegahan Covid-19. Terbukti, 

sebelum melaksanakan donor peserta diperiksa suhu tubuh terlebih dahulu. Peserta kemudian diarahkan untuk cuci tangan dan wajib mengenakan masker. 

"Untuk menjaga lokasi terbebas dari kerumunan, panitia mengatur jadwal partisipan dari internal perusahaan berurutan sesuai dengan divisi masing-masing," terangnya.

WhatsApp_Image_2020-09-29_at_17.50.15

Senada dikatakan, Rudi Kurniawan, Manager GA dan Humas PT PRIA ini menjelaskan donor darah kali ini merupakan kegiatan ke-2 yang dilaksanakan selama masa pandemi. 

"Alhamdulillah, kegiatan kali ini berjalan lancar dan tertib," cetusnya.

Ia juga bersyukur bahwa perolehan kantong darah meningkat daripada periode sebelumnya. PT PRIA mampu menyumbangkan 105 kantong darah dengan partisipan karyawan sebanyak 118 patisipan. 

"Sebagian partisipan terpaksa tidak diizinkan melakukan donor karena faktor kesehatan yang kurang mendukung," tuturnya.

Sementara itu, Dokter Awan, Kepala Klinik PT PRIA menambahkan, kegiatan donor darah ini idealnya memang dilaksanakan minimal 3 bulan sejak periode donor sebelumnya. 

Oleh sebab itu pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan ini sebagai kegiatan rutinan program CSR kami.

Terlepas dari itu semua, ia mengaku, antusias karyawan PT PRIA patut untuk diacungi jempol. Karena kesadaran para karyawan, donor darah menjadi kegiatan yang tidak dapat dihilangkan. 

"Saat awal wabah Covid-19 melanda, hampir saja tidak dilakukan kegiatan rutin ini, tetapi para karyawan PT PRIA meyakinkan manajemen bahwa kegiatan akan aman karena semua akan disiplin pada protokol yang diberlakukan pemerintah," pungkasnya. dwy

 





Berita Terkait