Tim Gerak Cepat PDIP Jatim Ikuti Diklatsar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 24 Sep 2020 18:43 WIB

Tim Gerak Cepat PDIP Jatim Ikuti Diklatsar

i

Diklatsar Baguna PDIP Jatim di “Wisma Perjuangan”, Oro-oro Ombo, Kota Batu. SP/Riko

 

SURABAYAPAGI.COM, Batu – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menggembleng personilnya agar benar-benar terlatih dalam membantu penanganan bencana.

Baca Juga: Yusril tak Khawatir Hadapi Saksi Kapolda yang Diajukan PDIP

Mulai Rabu (23/9/2020) hingga sepuluh hari ke depan, sebanyak 74 anggota Baguna utusan DPC PDI Perjuangan dari 38 kabupaten/kota se-Jatim mengikuti Diklatsar Baguna PDIP Jatim di “Wisma Perjuangan”, Oro-oro Ombo, Kota Batu.

Kepala Baguna Jatim SW Nugroho mengatakan, Diklatsar ini sebagai bagian dari upaya Baguna PDIP Jatim menyiapkan tim gerak cepat yang sewaktu-waktu siap diterjunkan membantu penanganan bencana.

Selama Diklatsar, sebut Nugroho, personel Baguna dilatih keterampilannya dalam hal kebencanaan. Peningkatan kualitas relawan Baguna ini dilakukan dengan menggandeng institusi yang berkompeten di bidangnya.

“Kami menggandeng Basarnas, yang akan menempa anggota Baguna agar benar-benar menguasai penanganan bermacam bencana. Baik bencana banjir, longsor, gunung meletus, maupun bencana lainnya,” kata Nugroho, saat di “Wisma Perjuangan”.

Pelatihan kemampuan anggota Baguna Jatim ini, tambah dia, sebagai manifestasi PDI Perjuangan sebagai partai yang selalu berada di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi apapun.

Baca Juga: PDIP Minta Pemilu Ulang

“Ini sesuai arahan Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, agar PDI Perjuangan memiliki wajah kerakyatan dan selalu berada di tengah rakyat dalam kondisi apapun,” tuturnya.

Sekretaris Baguna Jatim dr Bayu Utoro menambahkan, materi Diklatsar bagi personel Baguna PDIP Jatim lebih banyak menggunakan metode praktik, selain pertemuan dalam kelas.

“Porsinya lebih banyak praktek, seperti memahami cedera atau luka akibat bencana dan bagaimana melakukan pertolongan awal, lalu materi run swim run yang hampir setiap hari dilakukan, juga soal cara-cara pertolongan di perairan, dan lainnya,” terang dr Bayu.

Dari Diklatsar ini, lanjut Bayu, akan dibentuk setidaknya dua tim Baguna Jatim yang berkemampuan lebih dalam membantu penanganan bencana. Mereka akan siap ditugaskan langsung ke lokasi bencana, baik di Jatim, maupun di daerah lain.

Baca Juga: Hasto: Pelaporan Ganjar ke KPK Bentuk Intimidasi, PDIP Semakin Diintimidasi, Semakin Kami Melawan

“Lewat Diklatsar ini, kami memilih personel dengan skill terbaik yang akan masuk tim gerak cepat Baguna Jatim,” ujarnya.

Diklatsar Baguna Jatim secara resmi dibuka oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi, pada Rabu (23/9/2020) malam. Rko

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU