Wali Kelas SMK PGRI 1 Kota Kediri Keluhkan Pembelajaran via Youtube

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 13 Sep 2020 20:25 WIB

Wali Kelas SMK PGRI 1 Kota Kediri Keluhkan Pembelajaran via Youtube

i

Screenshot Whatsapp yang berisikan keluhan para walikelas SMK PGRI Kota Kediri.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Sejak pandemi covid-19 membuat seluruh sekolah melakukan pembelajaran secara online atau dalam jaringan (daring). Pembelajaran tersebut tak lain juga berlaku di SMK PGRI 1 Kota Kediri.

Namun ada yang berbeda dalam metode daring kali ini yang dilakukan SMK PGRI 1 Kota Kediri. Di SMK PGRI 1 Kota Kediri pembelajaran daring ini justru dilakukan wajib mengakses Youtube terlebih dahulu. Pasalnya, untuk mendapatkan materi pembelajaran siswa wajib menonton Youtube milik sekolah terlebih dahulu.

Baca Juga: Mengetahui Apa Itu SocialSpy WhatsApp dan Fitur Unggulannya

Setelah itu, siswa baru dapat mengerjakan dan mengumpulkan materi soal melalui Google Classroom.

Pembelajaran tersebut dinilai memberatkan siswa lantaran menghabiskan kuota internet. Keluhan inilah yang akhirnya menjadi cuitan wali kelas karena mendapat cibiran dari wali murid, hingga beredarnya screenshoot pesan group WhatsApp yang dikirim ke media Surabaya Pagi.

Pesan dalam group tersebut menunjukan sejumlah wali kelas yang keberatan dengan arahan sekolah. Sebab sekolah meminta wali kelas untuk agar siswa mendapatkan materi dengan terlebih dahulu menonton chanel Youtube milik sekolah dengan akun 'Skapsa Studio Official'.

Baca Juga: Link Download WA Aero Apk Mod Terbaik Untuk Android

 

Berikut screenshot pesan group WhatsApp 'INFO DINAS SMK' perbincangan antar Wali Kelas yang meminta pencerahan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah agar pembelajaran daring menggunakan Youtube tidak memberatkan siswa.

Baca Juga: Cara Menggunakan Socialspy Whatsapp

"Maaf Bpk/ibu sy sbg walas ketiban banyak japri Yg awal kmrn hrs buka Youtube anak2 merasa keberatan dg seringnya bk Youtube, sy jg memberikan arahan sesuai dg anjuran sklh, msh dijawab kan belajar ya tdk blh memberatkan, nah skrg dg pembagian kuota perdana telkomsel tdk bs tuk bk youtube, tdk bs tuk buka link, sy jawab kan tdk hrs dipakai djwb lg ap gunanya, begitu pak bu, sy minta pencerahan dr Bpk Ibu KS / Bpk Ibu Waka, sebenarnya kelas XII tsm4 bnyk yg sudah walaupun dg banyak sambat kalo keberatan tuk beli kuota. Maaf sebelum dan sesudah," ujar pesan atas nama Endah salah satu Wali Kelas.

Berbeda dengan pesan wali kelas lain atas nama Eva. "Ngapunten sebelumnya sekedar menyampaikan evaluasi dari kelas kelas yang saya ajar, memang sebagian besar banyak siswa yang mengeluh terkait tugas yang disampiakan di youtube dikarenakan kuota internet yang siswa miliki sehingga banyak tugas yang akhirnya belum dikerjakan. Sedangkan untuk pengerjaan UH banyak yang sudah mengerjakan UH. sebagian siswa berhalangan hadir dikarenakan harus bekerja untuk membayar membantu orang tua mereka". can

Editor : Aril Darullah

BERITA TERBARU