Home / Infotainment : Sandra Dewi, Istri Terdakwa Korupsi Rp271,06 Triliun

Istri Terkaya, Diantara Sesama Artis Istri Koruptor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 31 Mar 2024 21:21 WIB

Istri Terkaya, Diantara Sesama Artis Istri Koruptor

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Sandra Dewi, merupakan selebritas Indonesia yang dikenal dengan pernikahannya bak pangeran dan putri di dunia dongeng, serta memiliki keluarga yang harmonis menjadi panutan warganet. Imbas kasus yang menyeret suaminya ini, kehidupan Sandra Dewi kembali disorot publik karena gaya hidupnya yang mewah.

Sandra Dewi dan Harvey Moeis menikah pada November 2016. Usai menikah hingga kini, Sandra dan Harvey diketahui menetap di sebuah rumah mewah.

Baca Juga: Potret Sandra Dewi Tiba di Kejagung Hari Ini, Pamer Senyum Sumringah: Doain Ya

Lewat akun Instagram-nya, yang dilihat Surabaya Pagi hari Minggu (31/3) , Sandra masih belum menghapus hunian rumahnya yang bernuansa serba kayu luas dan megah. Fasilitasnya lengkap bak hotel bintang 5!.

 

Kasus Dugaan Korupsi Timah

Suaminya, merupakan satu dari 16 tersangka kasus dugaan korupsi timah yang ditaksir merugikan uang negara sekitar Rp271,06 triliun.

Kejagung tetapkan Harvey Moeis, tersangka kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015 sampai 2022.

Selama ini, Harvey Moeis memang terkenal sebagai pengusaha di bidang pertambangan batu bara, khususnya di Bangka Belitung, daerah asal sang istri, Sandra Dewi.

Dia dikenal sebagai salah satu tokoh yang memiliki kontrol atas beberapa tambang batubara di wilayah tersebut. Salah satu entitas usaha yang dimiliki Harvey adalah PT Multi Harapan Utama, di mana dia menjabat sebagai Presiden Komisarisnya.

 

Punya Saham saham Pertambangan

Menariknya, Harvey Moeis juga memiliki saham di perusahaan pertambangan batu bara PT ABM Investama Tbk. (ABMM) sebesar US$185,6 juta atau berkisar Rp2 triliun dengan besaran 18,17 persen dari seluruh kontrak.

Melansir laman Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), Harvey Moeis, juga menjabat sebagai Presiden Komisaris di PT Multi Harapan Utama.

Tak hanya itu, Harvey juga memiliki saham dari perusahaan pertambangan batu bara, PT ABM Investama Tbk sebesar 185,6 US dollar berkisar Rp2 triliun dengan besaran 18,17 persen seluruh kontrak

 

Lobi Luas dan Lift Rumah

Tempat tinggal mewah milik Sandra Dewi, kini jadi sorotan publik. Fasilitas lengkap tersedia dirumah untuk menunjang berbagai kegiatan keluarga.

Lobis luas dan indah akan menyambut tamu saat memasuki rumah Sandra Dewi. Area ini juga sering kali menjadi latar belakang bagi foto-foto Sandra untuk endorse-nya.

Rumah empat lantai ini juga dilengkapi dengan lift, memudahkan akses antar lantai. Sandra sering berpose di depan lift yang menambah kesan elegan pada rumahnya.

 

Studio Rekaman film

Rumah Sandra Dewi ternyata memiliki lebih dari satu studio rekaman film di dalamnya, seperti yang terlihat dalam video yang diunggah oleh Melaney Ricardo di saluran YouTube pribadinya.

Dapur rumah Sandra memiliki tampilan yang elegan dengan perpaduan gaya modern dan klasik. Interior yang tertata rapi menciptakan kesan minimalis tetapi tetap mewah.

Pada halaman rumah Sandra Dewi, terdapat kolam renang kecil yang menjadi tempat berolahraga dan hiburan bagi kedua anaknya. Kolam renang ini juga menambah kesan mewah dan menyenangkan pada rumah mereka.

 

Juga Miliki Jet Pribadi

Banyak yang tidak tahu bahwa Harvey Moeis dan Sandra Dewi memiliki jet pribadi yang harganya ditaksir miliaran rupiah.

Menariknya, jet pribadi tersebut dihadiahkan untuk putra pertama mereka yakni Raphael Moeis. Meski begitu, penggunaan jet pribadi jarang ditampilkan ke publik.

Kekayaan Harvey Moeis juga didukung oleh brand ambassador Ferrari Roma.

Bahkan, video iklan sang suami sebagai Brand Ambassador sempat dibagikan Sandra Dewi di akun Instagram milikinya

 

Emoh Ungkap Harta Suaminya

Melansir akun Instagram @rumpi_gosip, Jumat (29/3/2024), Sandra Dewi mengaku tak ingin ditanyai macam-macam soal harta kekayaan suaminya saat diwawancarai oleh Boy William.

"Yang gue suka dari Sandra dia sempat ngomong gini, 'Boy kita kalau nanti interview jangan ngomongin kekayaan suami atau apa yang dia punyalah. Karena itu hartanya bukan punya gue, itu punya suami'," ujar Boy menirukan Sandra Dewi saat itu.

Bukan gengsi, tapi gue lebih nyaman dengan yang gue punya sendiri. Walaupun mungkin punya gue enggak seberapa dibanding punya dia, cuma gue merasa nyaman dengan punya gue sendiri," kata dia.

Sandra Dewi memang tak tahu menahu bagaimana kekayaan suaminya tersebut bisa melimpah. Bahkan yang ia tahu bahwa Harvey adalah pengusaha yang memiliki sejumlah perusahaan batu bara

 

Awal Jadi Bintang Sinetron

Jauh sebelum menikah, Sandra Dewi kerap membintangi sejumlah film dan sinetron sejak debutnya. Sinetron Cinta Indah (2007) membuatnya semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Ia juga mendapatkan banyak proyek selanjutnya, seperti film Quickie Express dan Tarzan ke Kota, serta sinetron Nurhaliza, Putri Bidadari, hingga Tangan-Tangan Mungil. Hal tersebut menjadi salah satu sumber kekayaan Sandra Dewi.

Namun, beredar rumor jika dirinya adalah salah satu publik figur yang memiliki bayaran termahal.

Bayaran tinggi, membuat Sandra Dewi angkat bicara saat menjadi tamu di video YouTube Atiek Nur Wahyuni. Sandra menyebut, tarif dirinya tampil di televisi adalah yang sudah ditentukan manajernya yaitu sang adik, Kartika.

Baca Juga: Mandala Shoji dan Istri Alami Kecelakaan Mobil hingga Ringsek, Tahun Ini Gagal Mudik

 

Sandra Miliki Bisnis Perhiasan

Diketahui, ibu dua anak ini memiliki beberapa bisnis yang dijalaninya. Lalu, darimana saja sumber kekayaan Sandra Dewi istri dari Harvey Moeis?

Popularitas Sandra Dewi, semakin meningkat, usai dirinya menikah dengan Harvey Moeis. Ia memiliki 24,2 juta pengikut di Instagram.

Tak heran banyak brand yang ingin kerjasama dengannya, lewat endorsement.

Tak hanya endorsement saja, Sandra Dewi juga beberapa kali menjadi brand ambassador hingga bintang iklan untuk sebuah produk. Ada brand kesehatan anak, apotek, hingga bank.

Sandra Dewi juga memiliki bisnis perhiasan dengan merk Sandra Dewi Gold. Bisnis ini menjual kalung, cincin, hingga gelang dengan emas 18 karat. Harganya kisaran Rp1 jutaan.

Menariknya, sang aktris sendiri yang menjadi model sekaligus mempromosikan produk ini di media sosisal. Bisnis ini termasuk memberikan Sandra Dewi berupa sumber pendapatan pasif yang stabil.

 

Terjun ke Bisnis Kosmetik

Sandra Dewi, juga terjun ke bisnis kosmetik, dengan brand bernama SAINT by Sandra. Ia tampak mengeluarkan produk-produk yang sesuai dengan tren di kalangan masyarakat, ada liptint, eyeshadow, hingga lip gloss.

Tak hanya mengandalkan popularitas, ia juga tampak ingin memberikan kualitas yang terbaik. Bisnis kosmetik Sandra Dewi menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup menguntungkan.

 

Suami Hetty Koes Endang

Selain Sandra Dewi, ada juga artis senior Hetty Koes Endang, punya suami Yusuf Emir Faishal. Suaminya juga sempat dipenjara. Hetty pun lapang dada ketika sang suami harus divonis 4,5 tahun penjara atas kasus korupsi.

"Alhamdulillah, apa pun yang diputuskan untuk suami saya harus diterima saya sebagai istri dan anak-anak," ucap Hetty Koes Endang.

 

Suami Pedangdut Sefti Sanustika

Nasib yang sama juga dialami oleh pedangdut Sefti Sanustika. Pada 2013 lalu, suaminya, Ahmad Fathanah, politikus PKS terbukti menerima suap senilai Rp1,3 miliar dalam kasus korupsi impor daging sapi dan divonis 16 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Ahmad Fathanah, terbukti menerima suap senilai Rp1,3 miliar dalam kasus korupsi impor daging sapi dan divonis 16 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Sejak saat itu, Sefti jarang muncul di televisi.

Sefti mengaku mendapat restu seratus persen dari suaminya untuk kembali berkarier. Sebab, selama sang suami dipenjara, Sefti Sanustika yang menjadi kepala keluarga dan harus membiayai kebutuhan sang anak

Baca Juga: Misteri Keberadaan Sandra Dewi, Kamis ini Dipanggil Kejagung Sebagai Saksi Korupsi Timah

 

Suami Inneke Koesherawati

Inneke Koesherawati berusaha tegar mendampingi suaminya, Fahmi Darmawansyah, saat ditangkap Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) pada 2016. Fahmi didakwa memberikan suap kepada 4 pejabat di Badan Keamanan Laut agar perusahaannya menang tender pengadaan drone dan monitoring satellite.

Juga pedangdut Kristina diketahui pernah dipersunting oleh Al Amin Nur Nasution pada 2007. Namun setahun setelah menikah, Al Amin ditangkap KPK dan ditetapkan menjadi tersangka penerima uang suap dari Sekretaris Daerah Bintan, Kepulauan Riau, Azirwan, hingga dijatuhi hukuman 8 tahun penjara.

 

Suami Puput Melati

Guntur Bumi, suami Puput Melati, ditahan karena dugaan kasus penipuan . Ini membuat Puput Melati harus menjalani kehidupan rumah tangganya seorang diri. Apalagi, Puput diketahui sedang mengandung anak ketiganya.

 

Suami Joy Tobing

Saat masih bersuamikan Daniel Sinambela, Joy Tobing juga sempat mengalami bolak-balik ke tahanan untuk menjenguk sang suami. Kala itu, Daniel menjadi terdakwa atas kasus penggelapan uang senilai Rp25 miliar

Daniel divonis satu tahun empat bulan penjara dalam kasus itu. Namun sayangnya, usai bebas dari penjara, Daniel memilih untuk menikah kembali dan bercerai dengan Joy Tobing .

Harta mereka biasa, tidak sewah kehidupan Sandra Dewi.

 

Klarifikasi PT ABM Investama Tbk *)

Pada Senin (1/4/2024) siang, PT ABM Investama Tbk (ABMM) memberikan klarifikasi secara tertulis kepada Surabaya Pagi terkait Harvey Moeis yang dikabarkan memiliki saham di PT ABMM tersebut.

"Harvey Moeis tidak tercatat sebagai pemilik saham di PT ABM Investama Tbk (ABMM) ataupun ABM Group," tulis perwakilan Direksi PT ABMM yang diterima Surabaya Pagi, Senin (1/4/2024).

"PT Cipta Kridatama selaku anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM) memiliki kontrak kerja sama pertambangan dengan PT Multi Harapan Utama (MHU), di mana Harvey Moeis menjabat sebagai Presiden Komisaris di perusahaan tersebut."

"Kontrak tersebut menyepakati bahwa PT Cipta Kridatama (CK) memberikan layanan jasa pertambangan seperti pengangkutan batu bara dan penyewaan alat berat. Dalam hal ini, PT Cipta Kridatama dan MHU hanya melangsungkan kerja sama sesuai dengan kontrak."

"Kerja sama yang dilakukan semata-mata hanya untuk mengembangkan bisnis antar-kedua perusahaan, sehingga PT ABM Investama Tbk (ABMM) tidak mencatatkan Harvey Moeis sebagai pemilik saham dari ABM Group." lanjut perwakilan direksi ABMM. dna/rmc

 

*) Disunting ulang oleh Redaksi pukul 16:30 WIB berdasarkan klarifikasi secara tertulis dari PT ABM Investama Tbk (ABMM) yang diterima Redaksi Surabaya Pagi terkait pemberitaan yang diunggah pada Minggu (31/3/2024) pukul 21:21 WIB.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU