1.191 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Masa Mudik di Sidoarjo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 03 Apr 2024 20:08 WIB

1.191 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Masa Mudik di Sidoarjo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Polresta Sidoarjo pada Rabu (3/4/2024), mulai melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024.

Apel yang berlangsung di Mapolresta Sidoarjo ini dalam rangka mewujudkan kamseltibcar Lantas dan kondusifitas kamtibmas selama arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2024.

Baca Juga: Libur Hari Raya, Harga Suku Cadang Naik 40 Persen dari Harga Normal

Sesuai dengan agenda Polri bersama stake holder terkait, untuk melaksanakan operasi terpusat dengan sandi Operasi Ketupat 2024 di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi Ketupat berlangsung selama dua pekan, mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024. 

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024 dipimpin oleh Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana. 

Dia menyampaikan agar para personel yang diturunkan di Kabupaten Sidoarjo baik dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta stakeholder terkait lainnya dapat menjalankan tugas sebaik mungkin. 

Sehingga perayaan Hari Raya Idul Fitri 2024 dan arus mudik dapat berjalan lancar, aman dan nyaman.

"Tetap waspadai terhadap berbagai ancaman maupun gangguan bagi diri sendiri, maupun situasi kamtibmas yang berkembang sewaktu-waktu. Jalin dan tingkatkan komunikasi efektif mulai tingkat RT/RW hingga ke atas, mengenai upaya kita mewujudkan kondusifitas kamtibmas selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2024," pesannya.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Fenomena Tilang Elektronik Alami Peningkatan 15,9%

Di akhir apel, Wakapolresta Sidoarjo bersama stake holder terkait melakukan pengecekan kesiapan ranmor dan personel gabungan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Semeru 2024.

“Dari pengecekan ranmor dan personel semua siap melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2024, di wilayah Kabupaten Sidoarjo di turunkan sebanyak 1.191 personel gabungan yang disebar di 9 Pos Pengamanan, 1 Pos Pelayanan dan 1 Pos Terpadu,” paparnya.

Polresta Sidoarjo juga melakukan sidak di beberapa SPBU untuk memastikan stok BBM aman di masa lebaran. Sidak dilakukan du 2 SPBU di wilayah Taman, Sidoarjo.

"Alhamdulillah, setelah semuanya kami cek dan kami ukur. Hasilnya, tidak ada kecurangan dan teranya tepat. Jadi, tidak ada indikasi merugikan konsumen," terang Kepala UPT Metrologi Legal Kabupaten Sidoarjo, Vevi W.

Baca Juga: Lansia Terlantar di Bungurasih, Dinsos Jatim Berhasil Pertemukan dengan Keluarga

Sementara itu, Kanit Idik II Tipidter Satreskrim Polresta Sidoarjo Iptu Suwalyadin Rizal Bogra menuturkan, bahwa pengecekan tera BBM itu dilakukan guna memastikan tidak ada praktik kecurangan yang merugikan masyarakat saat mudik Lebaran.

Selain itu, juga bertujuan untuk memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik. Apabila ada temuan pelanggaran kecurangan, maka akan diproses sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tentu yang pertama adalah teguran lisan.

Lebih lanjut jika masih adanya pelanggaran akan diberikan teguran tertulis. Apabila ditemukan adanya pelanggaran kembali, maka barulah dilakukan penindakan. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU