1 Penghuni Terpapar Corona, 22 Tahanan di Banyuwangi Jalani Isolasi

08 April 2021 : 12:18:03

Petugas Lapas melihat kondisi ruang isolasi 22 tahanan di Lapas Kelas IIB Banyuwangi, Kamis (8/4/2021). SP/IN

SURABAYAPAGI, Banyuwangi -  Pasca terdakwa aktivis antimasker, M. Yunus Wahyudi positif covid-19. Sebanyak 22 tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2 Banyuwangi harus diisolasi di ruangan khusus. Lantaran 22 warga binaan ini satu kamar atau sel dengan Yunus di blok Mapenaling

Karantina diberlakukan setelah mendapat rekomendasi dari Satgas Covid-19 Banyuwangi. "Karantina ini sebagai antisipasi penularan. Untuk memutus rantai penyebaran virus kepada warga binanaan dan petugas lapas,"kata Kepala Lapas Kelas IIB Banyuwangi Wahyu Indarto, Kamis (8/4/2021). 

Wahyu menyebut ke-22 tahanan yang dikarantina akan mendapatkan pemeriksaan medis rutin serta test swab antigen untuk memastikan mereka sehat dan negatif Covid-19.

"Untuk kesehatan terjaga dan imun meningkat, 22 tahanan ini juga mendapatkan menu makanan bergizi dan vitamin dari lapas. Meski begitu sebagai protokol kesehatan mereka harus menjalani karantina selama 14 hari dengan tetap mengenakan masker cuci tangan, jaga jarak dan berjemur di pagi hari," katanya. 

Pihaknya juga telah mengimbau kepada tahanan maupun warga binaan pemasyarakatan untuk segera memeriksakan diri di klinik lapas bisa merasakan gangguan kesehatan. "Ini untuk memastikan semua penguni sehat dan bebas Covid-19," ujarnya. 

Sementara itu hingga kini pihak lapas masih menerapkan larangan bagi keluarga untuk berkunjung dan bertatap muka secara langsung dengan tahanan atau warga binaan. Larangan ini untuk menghindari terjadinya penyebaran dan penularan Covid-19 dari luar lapas. 

Aktivis antimasker dan terdakwa kasus berita hoaks, Muhammad Yunus Wahyudi positif Covid-19. Saat ini, perawatan intensif dilakukan di ruang isolasi RSUD Blambangan.

Yunus diketahui terpapar COVID-19 dari test antigen dan hasil swab yang dilakukan Satgas COVID-19. Yunus mulai dirawat di RSUD Blambangan Banyuwangi sejak Sabtu (3/4/2021). Yunus langsung masuk ke ruang isolasi, untuk perawatan intensif.na





Berita Terkait