40 Jenis Produk UMKM Pondok di Lamongan Masuk Program OPOP

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Nov 2021 17:26 WIB

40 Jenis Produk UMKM Pondok di Lamongan Masuk Program OPOP

i

Bupati Lamongan saat menerima penghargaan dari Gubernur Jatim. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Sekitar 40 jenis produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari 20 Pondok Pesantren di Lamongan, sudah masuk dalam program One Pesantren One Product (OPOP) Gubernur Jawa Timur, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi pasca pandemi.

OPOP merupakan program yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis Pondok Pesantren, melalui pemberdayaan santri (santripreneur), pesantren (pesantrenpreneur), dan alumni pondok pesantren (sosiopreneur).

Baca Juga: Banyuwangi Jadi Pilot Project Pengembangan UMKM Secara Nasional

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap, program ini akan dapat terus berkembang dan diikuti oleh seluruh pondok pesantren yang ada di Lamongan yang jumlahnya 198 pondok (jumlah yang terdata secara resmi).

"Melalui program OPOP ini harapannya lapangan pekerjaan akan dapat terbuka, utamanya untuk lingkungan pesantren. Selain itu juga, program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbasis pondok pesantren melalui pemberdayaan santri, pesantren, dan alumni pondok pesantren," ucapnya.

Dalam upaya penguatan ekonomi melalui peran pesantren, Lamongan turut serta dalam OPOP Expo 2021 yang digelar pada 26-28 November di Icon Mall Gresik. Expo yang diikuti oleh 33 stand dari OPD provinsi Jatim, pemerintah kabupaten/kota, BUMN, BUMD, BUMS, perguruan tinggi, koperasi pondok pesantren, dan alumni pondok pesantren ini bertujuan untuk mempromosikan program unggulan santripreneur, pesantrenpreneur, dan sosiopreneur pada buyer potensial baik di dalam maupun di luar negeri.

Baca Juga: Dukung UKM Lokal, UNIQLO Hadir di Unimas District

 

Pada OPOP Expo 2021 ini, 4 pondok pesantren di Lamongan turut serta berpartisipasi dengan memamerkan 14 jenis produk. Dalam kesempatan tersebut, Kabupaten Lamongan juga memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas kerjasamanya dalam mewujudkan Nawa Bhakti Satya melalui Jawa Timur berdaya dalam program OPOP.

Baca Juga: 13 UMKM Ekspor 3.300 Handicraft ke Kanada

"Alhamdulillah, senang sekali Lamongan bisa menjadi bagian yang turut memberikan kontribusi dalam mendukung program OPOP ini. Selain membawa pengalaman dan pengetahuan untuk mengembangkan ekonomi melalui pesantren agar lebih produktif, memperluas market dengan promosi pada potensial buyer, juga memperoleh penghargaan. Semoga kedepannya OPOP di Lamongan dapat terus berkembang dan meningkat. Jadi pesantren berdaya, masyarakat sejahtera," pungkas Pak Yes.

OPOP dengan target 1000 pesantren pada tahun 2023 ini baru diikuti sebanyak 550 pesantren, dengan produk unggulan yang terdiri dari makanan minuman, fashion, handycraft, panen organik, perkebunan, peternakan, perikanan, kopi, wisata halal, dan teknologi informasi. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU