6 Warga Tulungagung Diduga Tertular Antraks

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Jun 2021 18:42 WIB

6 Warga Tulungagung Diduga Tertular Antraks

i

Ciri-ciri yang disebut suspect ke antraks.

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Setelah diketahui kematian sejumlah hewan ternak di tulungagung karena antraks, Dinkes Tulungagung melakukan kajian epidemiologi. Hasilnya, enam warga diduga terpapar antraks dari hewan ternak.

Kepala Dinkes Tulungagung Kasil Rokhmat mengatakan, sejak kejadian matinya puluhan sapi dan kambing, pihaknya menerjunkan tim ke Sidomulyo guna melakukan pemeriksaan masyarakat di sekitar lokasi temuan.

Baca Juga: Pj Bupati Tulungagung Serahkan Bantuan Korban Tertimpa Pohon Tumbang

"Adakah ada penyakit yang dibawa oleh hewan kepada manusia. Kemudian kami melakukan survei epidemiologi," kata Kasil, Senin (7/6/2021).

Dalam proses itu, pihaknya menemukan sejumlah warga yang mengalami sakit kulit mirip terpapar penyakit hewan ternak. Enam warga itu rata-rata mengalami penyakit kulit dengan bentuk luka yang khas.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Tulungagung Enggan Melaut

“Luka itu karakteristiknya kering, kemudian bagian tengah itu mengering sampai hitam seperti batubara. Nah, itu khas penyakit tertentu,” jelasnya.

Warga yang mengalami keluhan penyakit itu dilakukan pemeriksaan mendalam dengan diambil sampel darahnya, serta sampel kulit kering dari sekitar perlukaan. Selanjutnya sampel itu diperiksakan di laboratorium.

Baca Juga: 3 Pasangan Bukan Suami Istri di Razia Petugas Gabungan

Meskipun telah mengarah ke penyakit tertentu, Kasil enggan menyebutkan secara spesifik penyakit yang dialami oleh warga itu, dengan alasan hasil laboratorium belum keluar. Namun dari ciri-ciri yang ada ia menyebut suspect ke antraks.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU