ASBWI Cari Bibit Pesepak Bola Wanita Baru di Kediri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Mei 2023 12:50 WIB

ASBWI Cari Bibit Pesepak Bola Wanita Baru di Kediri

i

Workshop career and coaching clinic di Kediri, Kamis (25/5/2023). Foto: ASBWI.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) memberikan edukasi tentang sepak bola wanita, dengan workshop career and coaching clinic di Kediri, Jawa Timur guna mencari bibit-bibit baru dalam dunia sepak bola wanita.

Sekretaris Jenderal ASBWI Souraiya Farina mengatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Kediri, namun juga di berbagai provinsi dan kota di seluruh Indonesia dengan menargetkan para pelajar SMA.

Baca Juga: ASBWI Sukses Gelar Festival U-12 Sepak Bola Putri di Jawa Timur

"Kami targetkan ke SMA, karena ASBWI dan PSSI punya target pada 2038 Timnas Indonesia bisa masuk Piala Asean," kata Souraiya di SMA Negeri 8 Kediri, Kamis (25/5/2023).

Maka dari itu, ASBWI gencar melakukan edukasi dan sosialisasi tentang sepak bola wanita untuk mencapai target tersebut. Saat edukasi, diberikan penjelasan terkait dengan sepak bola wanita sekaligus diberikan pengetahuan tekniknya.

"Jadi, tidak hanya area pemain saja, tapi teknik juga harus diperhatikan dan diangkat serta kualitas dari SDM yang mendukung sehingga sasarannya anak-anak SMA," ujarnya.

Selain itu, alasan lainnya pelajar SMA menjadi sasaran untuk edukasi karena usia tersebut adalah usia mereka mulai mau memilih untuk karir ke depannya. Oleh sebab itu, ASBWI memperkenalkan berbagai diversifikasi karier di sepak bola, khususnya sepak bola wanita.

Lebih lanjut, ia menambahkan, lokasi ini dipilih sebagai tempat sosialisasi sebab di sekolah ini banyak menghasilkan atlet. Bahkan, dari dialog dengan kepala sekolah program jangka panjang melahirkan atlet tidak hanya sepak bola tapi cabang olahraga lainnya.

Ia mengungkapkan bahwa peminat sepak bola wanita cukup banyak termasuk di Kediri. Maka dari itu, pihaknya mendorong agar para calon pemain sepak bola putri ini lebih bersemangat berlatih sehingga  bisa bergabung dalam sepak bola profesional untuk putri nantinya.

Saat disinggung mengenai kompetisi antarsekolah, Souraiya menyebut bahwa pihaknya masih berkomunikasi dengan pihak ketiga. Namun, yang saat ini sudah ada yakni klub dan festival.

Untuk klub, setiap provinsi nantinya ada pemenang dan akan ikut lomba tingkat regional. Sementara untuk festival, lebih pada permainan yang gembira dengan target peserta usia muda. kdr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU