Berawal Hobi, Kini Dulang Sukses Berbisnis Produk Kopi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 30 Jul 2021 08:56 WIB

Berawal Hobi, Kini Dulang Sukses Berbisnis Produk Kopi

i

Andry Kusuma dengan kopi produksinya. SP/ BGK

SURABAYAPAGI.com, Bangka - Berawal dari hobi membuat Andry Kusuma memilih bisnis kopi sebagai usaha yang digelutinya. Andry ingin menciptakan sebuah produk minuman kopi yang berbeda dari yang produk kopi lain yang tersedia di Wilayah Bangka.

"Bisa dibilang saya sebagai pecinta kopi, karena sejak kecil sudah suka dan terbiasa minum kopi. Sampai beranjak remaja hingga sekarang hobi saya memang suka ngopi dan mencoba-mencoba kopi di berbagai tempat," ujar Andry,

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Selama bereksperimen selama satu tahun, akhirnya membuahkan hasil. Andry berhasil menemukan kopi dengan resep pas yang diinginkannya. Hal itu kemudian membawanya untuk mantap mendirikan usaha kopi dengan nama Brand Hanya Kopi miliknya ini di Tahun 2019.

Seiring waktu kopi kekinian miliknya ini pun mendapat banyak respon positif dan mulai dikenal khalayak, bahkan Andry mengaku ada pelanggan yang kerap repeat order membeli kopi kekinian miliknya ini.

Kini usaha Hanya Kopi miliknya terus berkembang. Di tahun 2020 Andry tak hanya memproduksi minuman kekinian siap minum, tetapi juga menjual produk kopi dalam bentuk mentah yakni bentuk roasted bean dan yang telah menjadi bubuk.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

Untuk bahan baku green bean fine robusta "sarongge" Andry mengambil dari Cianjur, sementara untuk green bean arabica ia mengambil dari Gunung Tilu Pengalengan Jawa Barat dengan proses full wash.

Andry mengaku mampu menjual 100 -300 botol minuman setiap bulannya. Satu botol minuman kekiniannya ini ia jual harga Rp14.00 ribu rupiah. Sementara itu untuk biji kopi roasting dibanderol sesuai ukuran dan jenis kopi, yakni mulai Rp75.000 hingga Rp200.000

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

Sedangkan mengenai omzet, Andry mengaku bisa meraup kisaran Rp1 juta - Rp5 juta setiap bulannya. Saat ini pemasaran produk kopi miliknya ini telah dilakukannya melalui online dan dipasarkan di Kampoeng Galery Rafika Duri.

"Jangan takut untuk memulai berbisnis. Kalau sudah siap dan yakin dengan produknya jangan ragu. Jatuh bangun itu pasti dalam usaha berbisnis, tapi yakinlah jika kita serius dan pantang menyerah suatu saat kita akan menuai hasil yang manis dari usaha yang kita geluti ini," pesannya. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU