Berebut Tiga Jabatan Kepala Dinas, 13 Pejabat Eselon III Adu Kesaktian

15 September 2021 : 15:29:16

Bambang Hadjar. SP/DOK

SURABAYA PAGI, Lamongan - Pejabat yang ingin naik pangkat di Lamongan, tidak cukup hanya bermodal punya kualitas, kapabilitas, dan kepangkatan memenuhi syarat, pejabat untuk bisa naik pangkat atau promosi, juga harus punya jaringan dan juga tentu "kesaktian" untuk bisa bermanuver, karena jabatan kepala dinas kental dengan nuansa politik.

Di Lamongan saat ini ada 11 jabatan Kepala Dinas kosong. Dan saat ini Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Daerah (BKPSDM) sebagai kepanjangan tangan bupati Yuhronur Efendi, sementara hanya tiga jabatan yang dilelang, untuk selanjutnya pejabat yang mendaftar akan diseleksi dan diumumkan hingga akhirnya dilantik.

Dari tiga jabatan kepala dinas yang di elang tersebut, seperti disampaikan oleh Kepala BKPSDM Lamongan, Bambang Hadjar, Rabu (15/9/2021), setelah dilakukan pengumuman lelang jabatan, ada 13 pejabat eselon III yang ikut mendaftar merebutkan tiga jabatan kepala dinas tersebut. "Tiga jabatan Kadis yang saat ini dilelang diantaranya Dinas PU SDA, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan Bakesbangpol," kata Bambang panggilan akrab Kepala Dinas BKPSDM ini menerangkan.

Ke 13 pejabat yang mendaftar itu lanjut Bambang, untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan 4 pejabat yang mendaftar, ke empat pejabat itu adalah, Nurhayati As' adah SE.Msi. ( Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos). Margono JP SH. Msi ( Kabid Peningkatan Prestasi Dispora). Mulyono Arif SH, Msi (Sekretaris Dinas Perpustakaan) dan Siti Rubikah SE, Msi ( Kabag Perekonomian Setda).

Dari dinas PU Sumber Daya Air (PU. SDA), juga terdapat empat pejabat yang ikut andil bagian untuk berebut menjadi orang nomor satu di Dinas yang dulu bernama PU Pengairan tersebut, diantaranya Bakti Aprianto, SH MM (Camat Karanggeneng), Joko Raharto, SSTP, MAP (Camat Deket), Drs EC. Jupri, MM (Sekretaris Dinas PU SDA) dan Ir.Mulyono. ( Sekretaris Litbang).

Sementara yang mendaftar untuk berebut posisi di Bakesbang Pol ada lima pejabat eselon III diantaranya Erwin Sulistya P, ST, MM (Kabag ULP), Johny Indrianto, Sstp Msi (Camat Karangbinangun). Drs Dianto H W, Mip (Kabag Pemerintahan). Samian, SE MM.

Hari Agus Santa, Ssos, MM ( Sekretaris Bakesbang). Ke 13 pejabat itu hingga saat ini sudah melakukan tahapan seleksi. Dan pada Selasa (14/9/2021) kemarin para pejabat yang mendaftar dilakukan seleksi kompetensi manajerial (Assessment Center) di laksanakan di BKD Provinsi Jawa Timur.

Dan pada Rabu (15/9/2021) dilakukan Seleksi Kompetensi Bidang/Teknis oleh Panitia Seleksi dengan agenda (Presentasi Makalah, Uji Gagasan dan Wawancara,dan Penelusuran Rekam Jejak). Setelah semua mengikuti tahapan tersebut tambah Bambang, tiga nama peringkat tertinggi akan diajukan oleh Panitia Seleksi kepada PPK yakni bupati Lamongan.

Dari ketiga nama yang diajukan sesuai dengan pos masing-masing Dinas itu tambahnya, selanjutnya akan diumumkan yang diterima dan dinyatakan lolos dan terpilih menjadi calon kepala dinas pada (16/9/2021). Dan saat itu juga akan diteruskan Laporan dan koordinasi hasil Seleksi PPK terbuka ke KASN untuk dimintakan rekomendasi pelantikan.

Saat disinggung jabatan yang dilelang ini hanya semacam seremonial, Bambang enggan menjabat. Menurut Bambang jabatan yang dilelang ini benar-benar kebutuhan, dan terkait siapa yang akan dinyatakan lolos tentu ada di pihak tim seleksi yang menentukan. "Kami menjalankan proses ini sesuai mekanisme yang ada, kalau masyarakat ada yang bilang seleksi jabatan di Pemkab Lamongan akal-akal itu mereka,"pungkasnya.jir

 





Berita Terkait