Besok, Surabaya Gelar Pameran UMKM Secara Virtual

08 April 2021 : 11:18:47

Persiapan pameran virtual bertajuk Surabaya Virtual, Fashion Handycraft and Culinary Expo 2021. SP/HUMAS PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI,Surabaya –  Pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya bakal digelar pada 9-11 April 2021 secara virtual.  Acara bertajuk ‘Surabaya Fashion Craft and Culinary Expo 2021’  itu bisa diikuti melalui link: https://virtualexpoukm.surabaya.go.id.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya telah menyiapkan berbagai penampilan seni budaya dan juga workshop serta demo untuk meramaikan acara Pameran UMKM tersebut. Dalam acara itu,  nantinya tidak hanya semata-mata memajang produk UMKM, tapi juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan dan workshop serta demo memasak.

"Jadi, jangan lewatkan karena acara ini pasti akan menarik dan seru," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Kota Surabaya Antiek Sugiharti di Surabaya. Kamis, (08/4).

Dikesempatan itu pula, Antiek Sugiharti juga menjelaskan lebih rinci serangkaian acara pada pameran tersebut yakni  pada hari pertama hari Jumat (9/4), acara itu akan dibuka lebih awal, yaitu pukul 09.00 WIB–16.00 WIB. Acara tersebut akan diawali dengan opening ceremony yang disiarkan secara langsung dari Balai Kota Surabaya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan fashion show dan pukul 14.00 WIB-15.00 WIB akan ada demo memasak menu kuliner khas Bulan Ramadhan bersama Chef Nadia, Technical Chef Fiber Cream.
 
Pada hari kedua, Sabtu (10/4), acara akan dimulai pukul 10.00 WIB-16.00 WIB dengan webinar bertema UMKM sebagai Game Changer, dengan pembicara Sandy Wahyudi dari CEO Connectpedia. Dilanjutkan hiburan berupa musik dan penampilan seni tari yang akan ditayangkan pada pukul 13.00 WIB-14.00 WIB. 

Kemudian pada hari ketiga atau hari terakhir yakni Minggu (11/4), akan ada demo dan tutorial membuat kolase bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani. Lalu penutupan acara ini akan dimeriahkan oleh kolaborasi musik dan tari yang spektakuler. 

Dalam rapat koordinasi sebelumnya, Rini Indriyani Eri Cahyadi memaparkan pameran ini nantinya akan melibatkan sebanyak 154 UMKM.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M. Fikser mengatakan, berbagai persiapan pun sudah dilakukan Diskominfo untuk menjamin kelancaran acara ini.  "Semua persiapan sudah kita lakukan, insyallah semua server dan portal sudah siap semuanya,"  ujarnya.
 
Mantan Kabag Humas Pemkot Surabaya ini juga menjelaskan bahwa warga yang ingin mengikuti pameran virtual ini cukup mengklik https://virtualexpoukm.surabaya.go.id. Dalam portal tersebut, ada beberapa vitur yang bisa dilihat oleh pengunjung, yaitu pameran, jadwal acara, pembicara dan pendaftaran.  "Jadi, portal tersebut sangat gampang untuk dibuka dan semua acaranya sudah tersedia," katanya.
 
Ia juga menyampaikan bahwa semua acara ini merupakan ide langsung dari Ketua Dekranasda Kota Surabaya Rini Indriyani yang mencoba diterjemahkan oleh lintas organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya. 

Bahkan, lanjut dia, setiap persiapannya juga terus dipantau dan dibina langsung oleh Ketua Dekranasda Surabaya. "Beliau ini sangat detail menyiapkan semua ini, kami dipandu hingga detail. Bahkan, setiap rapat beliau yang memimpin langsung, jadi ini pasti sangat luar biasa dan sangat eman untuk dilewatkan," katanya.na





Berita Terkait