BPBD Provinsi Kaji Jalan Payung 1 yang Retak dan Ambles

15 Februari 2021 : 11:14:25

Petugas saat memeriksa jalanan di sekitar Jalan Brigjen Moh Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Batu - Jalan Brigjen Moh Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu mengalami retakan di tiap jalan dan tanah ambles. Karena hal tersebut, BPBD Provinsi akan berencana mengkaji retakan dan tanah ambles tersebut.

Koordanator TRC BPBD Kota Batu, Suhartono mengatakan bahwa, kejadian tersebut berawal dari  informasi warga bahwa ada retakan dan tanah ambles di sepanjang area warung Payung I.

"Retakan itu sudah lebih 2 minggu terakhir. Dimensi rertakan bervariasi, antara panjang 46 meter, lebar retahan mulai 3 sentimeter sampai 15 sentimeter. Akibatnya struktur bangunan retak dan rusak. Sepanjang pinggir jalan area warung juga ada retakan dan tanah ambles," ujarnya, Senin (15/2/2021).

"Jalan mengalami keretakan sepanjang 15 meter. Bahu jalan mengalami penurunan dengan level sekitar 10-15 cm dari jalan raya. Dan bahu jalan mengalami keretakan sepanjang 75 m dengan dimensi keretakan bervariasi hingga 15 cm," imbuhnya.

Retakan itu juga menyebabkan kerusakan di beberapa warung. "Ada 3 Warung bagian kamar mandi mengalami retakan bangunan yang parah," ujarnya.

Pihaknya juga telah melakukan pemasangan rambu rawan longsor di sepanjang jalur Payung. Kemudian melakukan pemantauan berkala area jalan yang retak terutama setelah hujan.

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada pedagang di sekitar payung 1 untuk waspada dan berkoordinasi jika terjadi retakan tanah lebih besar lagi," ujarnya. Dsy11

 





Berita Terkait