Buah Kiwi Jaga Kesehatan Bumil dan Saraf Bayi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Apr 2021 09:54 WIB

Buah Kiwi Jaga Kesehatan Bumil dan Saraf Bayi

i

Buah Kiwi. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Memenuhi kebutuhan saat hamil memang tidak bisa sembarangan. Kita dituntut untuk lebih teliti lagi dalam memberikan asupan gizi bagi si kecil sejak dari awal kehamilan. Selain rutin memeriksakan kandungan ke dokter kandungan, serta memenuhi nutrisinya dengan vitamin – vitamin. Selain itu, harus mulai makan sehat (4 sehat 5 sempurna). Makan sehat ini bisa disiasati dengan berbagai bahan alami seperti sayuran dan buah-buahan.

Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi buah Kiwi kerap disebut sebagai sumber nutrisi, kaya akan serat makanan, kalium, asam folat, vitamin C dan E, karotenoid, serta antioksidan mineral. Sebuah penelitian baru-baru ini oleh University of Oslo di Norwegia menyatakan bahwa mengonsumsi dua hingga tiga buah kiwi per hari membantu mengurangi penggumpalan darah dan menurunkan kandungan lemak dalam darah, sehingga tetap menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Seorang wanita memerlukan sekitar 400 hingga 800 mikrogram asam folat untuk pengembangan kesehatan janin pada kehamilan awal mereka. Dengan mengonsumsi Kiwi membantu perkembangan otak dan kognitif serta mencegah kerusakan saraf pada bayi (baik sebelum maupun selama kehamilan).

Buah kiwi mengandung vitamin C sangat tinggi, satu buah mengandung 140 persen dari dosis harian yang direkomendasikan. Ini sangat baik untuk calon ibu dan bayi yang sedang berkembang.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Vitamin C penting dalam pembentukan neurotransmiter untuk fungsi otak. Ini juga merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi RNA dan DNA dari efek berbahaya radikal bebas. Linus Pauling Institute, Pusat informasi mikronutrien dari Oregon State University merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi 80-85 mg vitamin C per hari.

Buah Kiwi, seperti semua buah-buahan, mengandung gula alami sehingga dapat membantu ngidam yang tidak terkendali untuk manisan. Gula alami seperti dalam buah-buahan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula olahan dan olahan yang berarti tidak menyebabkan lonjakan insulin. Mengatur kadar gula darah dan insulin menjadi perhatian karena diabetes gestasional merupakan masalah bagi banyak wanita hamil.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Satu buah Kiwi, yang rata-rata sekitar 3,5 ons, hanya mengandung 61 kalori. Tergantung pada berat badan sebelum kehamilan dan BMI, atau indeks massa tubuh diperlukan untuk kesehatan bayi Anda. Tetapi, menambah berat badan terlalu banyak dapat membuat jantung Anda tegang, dan menyebabkan diabetes gestasional serta komplikasi lainnya. Camilan manis, alami, dan rendah kalori, seperti buah Kiwi, dapat membuat Anda kenyang tanpa menambah berat badan. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU