Buah Pepaya, Jaga Kesehatan Mata dan Mampu Tangkal Kolesterol

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Mei 2021 10:35 WIB

Buah Pepaya, Jaga Kesehatan Mata dan Mampu Tangkal Kolesterol

i

Buah Pepaya. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kepala Laboratorium Produksi Ternak Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr. Muhammad Sayuti mengungkapkan, mulai dari buah, daun, dan bunga pepaya serta buah nanas menjadi alternatif untuk menangkal virus corona.

Sayuti menjelaskan, virus corona itu terdapat massenger RNA yang dibungkus oleh Glikoprotein dan Protein. Kata dia, satu-satunya cara untuk menangkal pandemi ini supaya tidak berkembang maka kita memerlukan enzim untuk memecah Glikoprotein dan Protein tersebut, Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Buah pepaya terbukti amat baik untuk pencernaan. Selain itu, dapat membantu menurunkan berat badan atau manfaat buah pepaya untuk diet cukup bagus. Hal ini karena pepaya mengandung enzim bernama papain dan kandungan seratnya tinggi serta kalorinya pun rendah.

Mengandung berlimpah cyptoxanthin, zeaxanthin dan lutein serta vitamin A, pepaya mencegah degenerasi makula akibat penuaan dan melindungi mata dari kemungkinan kerusakan.

Pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C. Makan buah ini berarti menghindarkan diri dari kolesterol. Dengan menambahkan semangkuk pepaya dalam diet harian sehingga bisa terhindar dari penyakit jantung.

Buah pepaya kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi peradangan dan dapat melawan berbagai penyakit. Pepaya kaya vitamin C, dan bahkan menyediakan dua kali lipat asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Sehingga, sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan makan buah ini, serta mampu bertahan dari semua jenis infeksi.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Menurut studi yang Harvard School of Public Health, beta karoten dalam pepaya efektif dalam menekan pertumbuhan kanker usus serta kanker prostat. Juga, antioksidan dan flavonoid dalam pepaya mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membantu mengurangi risiko kanker.

Memakan pepaya juga bisa untuk melawan kerontokan rambut. Kandungan antioksidan dan flavonoid mencegah kerusakan radikal dalam sel dan membuat kulit terlihat lebih muda.

Buah pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup, dimana semua kandungannya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pepaya juga sering direkomendasikan bagi mereka yang memiliki periode menstruasi menyakitkan dan tidak teratur.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

Enzim papain membantu mengatur dan memperlancar aliran darah selama menstruasi. Pepaya juga merangsang produksi estrogen, sehingga membantu untuk membantu menormalkan siklus periode. Disamping itu, pepaya juga memiliki efek antioksidan kuat yang dapat mengurangi stres oksidatif dan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit. Dsy14

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU