Bupati Jember Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021

05 Mei 2021 : 12:36:13

Bupati Jember saat memimpin apel kesiapanpPasukan Operasi Ketupat Semeru 2021. SP/ DIK

SURABAYAPAGI.com, Jember - Polres Jember menggelar apel kesiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H di halaman Mapolres, Rabu (5/5/2021). Apel tersebut sekaligus membuka secara resmi Operasi Ketupat 2021 di Kabupaten Jember.

Bertindak sebagi inspektur upacara Bupati Jember H Hendy Siswanto sekaligus membacakan sambutan Kapolri, Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Apel ketupat hari ini lebih spesifik dari apel ketupat sebelumnya. Bila pelaksanaan apel ketupat tahun sebelumnya virus corona tidak menyebar seperti saat ini

"Kenaikan tren positif covid-19 sebesar 2,30% dari masa sebelumnya. "Pemerintah melarang mudik tentu ada alasannya,"terangnya, Rabu (5/5/2021).

Karena tahun ini dengan adanya tenaga migran Indonesia yang kembali ketanah air, di khawatirkan membawa virus baru dan itu sangat berbahaya sekali

"Kejadian di Negara India tidak boleh terjadi di negara Indonesia, untuk itu kita berharap kepada teman-teman media untuk pro aktif memberikan informasi seluas-luasnya tentang himbauan untuk mentaati Prokes kepada masyarakat ,"ujarnya.

Hari ini sudah mulai banyak masyarakat menuju ketempat pusat perbelanjaan dan itu akan kita cegah dalam artian silahkan belanja tapi jangan bergerombol. "Tolong nanti jangan dianggap mengurangi perekonomian,"tegas Hendy.

Memang kondisi yang mengharuskan Pemerintah bertindak tegas bagi para pelanggar prokes. Untuk itu mari bersama-sama memahami bahwa ini adalah bentuk kasih sayang Pemerintah kepada masyarakat.

"Kami berharap dengan adanya operasi ketupat semeru 2021 ini bisa meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan bersama khususnya di Kabupaten Jember,"terangnya.

Kami mengimbau kepada masyarakat kalau mau belanja pagi hari jangan malam hari. Kalau belanja pada malam hari semua pastinya akan menimbulkan kerumunan. Untuk itu nanti kita atur masuknya kepusat perbelanjaan agar tidak bergerombol.

Ia juga berharap kepada pemilik pusat perbelanjaan agar membuat tempat-tempat khusus agar masyarakat yang sedang berbelanja tidak bergerombol buatlah mereka merasa nyaman dan aman.

Kalau tidak bisa di atur tentunya kita akan melakukan langkah tegas dengan melakukan pembubaran. "Kami yakin dengan kesiapan petugas dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Satgas Prokes Kabupaten untuk menjalankan tugas-tugas di lapangan.

Dalam hal ini tentunya kami berharap dukungan dan peran serta masyarakat. "Tanpa adanya dukungan dari masyarakat kinerja kita dilapangan tidak akan maksimal.

Operasi ketupat 2021 akan berlangsung dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 berlaku di seluruh wilayah hukum Indonesia.

Hadir dalam giat apel tersebut Kapolres AKBP Arif Rachman Arifin, Wakapolres Kompol Kadek Ary Mahardika, Dandim 0824/ Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Kepala Kemenag Muhammad, Kepala Cabang Jasa Raharja Teguh Alfriyanto, Kepala BPBD dan Kepala Sat Pol PP Jember. (dik)





Berita Terkait