Bupati Pasuruan Apresiasi Perjuangan Guru Cerdaskan Generasi Bangsa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 27 Nov 2022 15:17 WIB

Bupati Pasuruan Apresiasi Perjuangan Guru Cerdaskan Generasi Bangsa

i

Gus Irsyad saat memimpin apel peringatan HGN dan HUT PGRI ke 77.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Bupati Irsyad Yusuf menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas perjuangan Guru di Kabupaten Pasuruan yang terus berjuang dalam mencerdaskan bangsa. Tetap memaksimalkan bimbingan dan transfer ilmu bermanfaatnya kepada anak didiknya, sekalipun di masa pandemi.

Pada saat memimpin Apel Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kepala Daerah menyatakan rasa terimakasihnya kepada ikhtiar maksimal yang telah dihaturkan para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, sebutan bagi para tenaga pendidik. Bahwa kondisi Covid-19 tidak mematahkan semangat para guru dalam mengabdikan dirinya pada negara. Mengantarkan siswa-siswinya menjadi generasi bangsa unggul secara akademik dan budi-pekerti luhur dengan ilmu pendidikan yang bermanfaat.

Baca Juga: Pemkab Pasuruan Beri Toleransi ASN yang Mudik Luar Daerah

“Pada momentum ini juga, saya ucapkan rasa bangga yang begitu luar biasa dan tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Karena perjuangan guru-guru di tengah-tengah situasi pandemi, para anak dan remaja penerus generasi bangsa tetap dapat mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” ucap Bupati.

Hadir bersama Wakil Bupati Mujib Imron, Bupati menitipkan pesannya kepada seluruh peserta Apel. Fokusnya lebih kepada tantangan Guru dengan wadah organisasi PGRI agar selalu adaptif terhadap perubahan jaman. Sehingga mengharuskan cepat meresponnya dengan saling belajar dan berbagi yang dapat dilakukan dengan peningkatan kompetensi. Terlebih saat ini metode pembelajaran berbasis digital.

Kami atas nama Pemkab Pasuruan mengucapkan terima kasih perjuangan para Guru dengan menetapkan hari Iahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-77. "Jangan sekali-kali melupakan sejarah! (Jas Merah)", begitu ucap Bung Karno. Momentum yang tepat bagi kita untuk mengucapkan terima kasih dan memberikan rasa hormat yang sedalam-dalamnya kepada Guru tercinta,” tandasnya dengan bersemangat.

Baca Juga: BNPB Salurkan Rp 150 Juta Bantuan untuk Kabupaten Pasuruan

Ditambahkan Bupatu, di era disrupsi, Guru harus beradaptasi dengan Teknologi Komunikasi Informasi (TIK). Sekaligus mampu belajar memanfaatkannya demi dapat mendidik anak didik di tengah situasi yang masih serba terbatas saat ini.

“Dengan karakter yang sabar dan pantang menyerah dalam pendidikan, semoga kita bisa bergerak menuju energi positif. Meski situasi pandemi belum usai. Semoga pandemi cepat teratasi, para guru bisa memberikan ilmu bermanfaat. Dengan demikian, para generasi penerus bangsa bisa belajar dengan tenang dan tanpa kekurangan,” ujar Bupati.

Di akhir sambutannya, Gus Irsyad sapaan akrab alumni Program Doktor Ilmu Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya tersebut berharap, dedikasi dan pengabdian para pendidik menjadi spirit tersendiri bagi kemajuan dunia pendidikan. Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan. Indonesia Kuat, Indonesia Maju.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Pasuruan Gelar Pasar Murah Ramadhan

Dalam upacara seremonial yang dilaksanakan di Halaman Apel Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Jumat (25/11/2022), Bupati berkesempatan menyerahkan beberapa penghargaan kepada para pemenang Lomba Bola Voli dalam rangka HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional 2022. Diantaranya, Juara 1 Putra diberikan kepada Pengurus Cabang (PC) PGRI Lumbang, Juara 2 dari PC PGRI Nguling dan Juara 3 Voli Putra, PC PGRI Purwosari. Sedangkan Juara 1 Putri dimenangkan oleh PC PGRI Kraton. Disusul Juara 2, PC PGRI Rembang dan Juara 3 PC PGRI Pandaan.

Kegiatan semakin meriah dengan dan penampilan kreasi seni tari dari Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI). Disusul dengan unjuk kebolehan Paduan Suara dari Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) yang membawakan dua buah lagu. Bahkan sempat beradu vokal dengan Bupati Irsyad menyanyikan lagu “Ojo Dilalekke. Melengkapi sukacita peringatan Hari Guru Nasional 2022 dan HUT PGRI ke-77 di Kabupaten Pasuruan. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU