Cegah Penyelundupan Barang Terlarang, Lapas Mojokerto Gunakan Teknologi X-Ray

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Des 2022 13:49 WIB

Cegah Penyelundupan Barang Terlarang, Lapas Mojokerto Gunakan Teknologi X-Ray

i

Kalapas Mojokerto turun langsung untuk memastikan petugas dan mesin X-ray berjalan baik.

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Mojokerto ogah kecolongan terkait senjata berbahaya selundupan di dalam Lapas.

Untuk memastikan itu, Lapas yang terletak di Jalan Taman Siswa, Kota Mojokerto ini intens melakukan razia sel tahanan.

Bahkan, Kamis (8/12) hari ini, Kalapas Mojokerto, Dedy Cahyadi turun langsung memastikan tidak ada barang terlarang yang masuk kedalam lapas.

Dalam giat Bintorwasdal ini, Kalapas melakukan pengecekan secara detail pada proses pemeriksaan barang kiriman dari keluarga Warga Binaan Pemsyarakatan (WBP), mulai dari data pengirim dan penerima sampai dengan proses pemeriksaan barang melalui mesin X-ray.

"Barang-barang tersebut akan dideteksi oleh sejumlah light barrier pada saat barang tersebut masuk ke dalam mesin x-ray. Sensor akan mendeteksi adanya barang masuk dan mengirimkan sinyal ke unit pengontrol untuk mengaktifkan sinar-x," terangnya.

Masih kata Dedy, sinar-x akan menembus barang yang berada dalam terowongan mesin x ray sebagai bagian dari proses pemeriksaan dan menampilkannya dalam layar monitor.

"Pemeriksaan barang dengan teknologi saat ini memang sedang di dorong Lapas Mojokerto Kanwil Kemenkumham Jatim untuk menekan terjadinya penyelundupan barang terlarang," ungkapnya.

Dedy menambahkan, penggunaan tekologi dalam pemeriksaan barang sangat membantu kinerja petugas. Selain dapat menembus isi barang secara detail, tugas pemeriksaan barang menjadi lebih cepat sehingga masyarakat juga terlayani dengan cepat.

"Optimalisasi pemeriksaan barang dengan teknologi ini diharapkan dapat menekan kasus penyelundupan barang terlarang ke dalam Lapas," harapnya.

Sebelumnya Lapas Mojokerto telah mengirim 2 orang petugas untuk melakukan diklat operator mesin x-ray di jakarta.

Mereka selanjutnya diberikan tugas sebagai operator mesin x-ray saat pelayanan pengiriman barang untuk WBP.

Selama pelaksanaannya Kalapas melakukan monitoring dan evaluasi seperti yang dilakukan hari ini. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat berjalan dengan baik. Dwi

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU