Daftarkan Brand "Citayam Fashion Week", Ridwan Kamil Kritik Baim Wong

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 26 Jul 2022 09:57 WIB

Daftarkan Brand "Citayam Fashion Week", Ridwan Kamil Kritik Baim Wong

i

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menanggapi tindakan Baim Wong yang mengajukan pendaftaran merek Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Aksi Baim Wong tersebutmenuai kritik dan saran dari berbagai kalangan.

Pria yang akrab disapa emil itu dengan tegas meminta Baim Wong untukmencabut pendaftaran Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Ridwan membuat unggahan khusus untuk Baim Wong, di Instagranya @ridwankamil pada Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil Serahkan Bantuan untuk Pembangunan Sarana Prasarana Pendidikan di Bogor dan Depok

Emil mengatakan, fenomena Citayam Fashion Week adalah aksi organik dari akar rumput dan tak seharusnya selalu dikomersialkan.

"Dear Baim Wong dkk, Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula,” tulisnya.

Emil menuturkan fenomena Citayam Fashion Week hadir secara natural dari buah pikiran anak-anak muda. Sehingga, apabila hal tersebut dipatenkan menjadi hak kekayaan intelektual justru akan menghilangkan maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut.

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ajang adu outfit di penyeberangan pejalan atau zebra cross itu biarkan tetap pada tempatnya, tak perlu dibawa ke kancah internasional.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," katanya.

Selain itu, Emil juga menganggap anak-anak muda hanya butuh ruang ekspresi. Oleh karena itu, tidak perlu negara terlalu ikut campur lewat formalitas hak-hak atas kekayaan intelektual.

"Tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," ucapnya.

"Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda," imbuhnya.

Ridwan Kamil juga menyarankan Baim Wong untuk mencabut pendaftaran Citayam Fashion Weeek tersebut.

Baca Juga: Perda APBD Perubahan Jabar 2022 Disahkan

“Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya," tambah Ridwan Kamil.

Diketahui sebelumnya Baim Wong dan istrinya Paula Verhoeven PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan brand Citayam Fashion Week ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham sebagai sebuah hak brand atau merek pada Rabu (20/7/22) dengan nomor permohonan Jid2022052181.

Baim mengatakan alasan mendaftarkan Citayam Fashion Week dengan membuat ajang peragaan busana yang legal dan tidak musiman.

"Saya hanya orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal dan tidak musiman," ujar Baim, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Ridwan Kamil Apresiasi Digitalisasi Pasar Tradisional Sukatani Depok

"Dan yang paling penting bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," sambungnya.

Baim Wong menegaskan kembali jika ia tidak ada niatan meng-klaim nama Citayam Fashion Week. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU