Dapat Bantuan Fabio Quartararo dan Valentino Rossi, Franco Morbidelli Makin Percaya Diri Tatap MotoGP 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 20 Jan 2023 11:39 WIB

Dapat Bantuan Fabio Quartararo dan Valentino Rossi, Franco Morbidelli Makin Percaya Diri Tatap MotoGP 2023

i

Franco Morbidelli. Foto: Yamaha MotoGP.

SURABAYAPAGI.COM, Lesmo - Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli mengaku senang mendapatkan bimbingan dari  sang mentor Valentino Rossi dan rekan setimnya, Fabio Quartararo dalam menghadapi MotoGP 2023.

Menurutnya, bantuan-bantuan Rossi dan Quartararo sangatlah berharga, terutama ketika ia mengalami keterpurukan sepanjang MotoGP 2022. Ia pun semakin percaya diri menyambut musim ini.

Baca Juga: Masih Dibekap Cedera, Alex Rins Dipastikan Absen di MotoGP Inggris 2023

Musim ini akan jadi musim yang sangat penting bagi Morbidelli yang ingin membuktikan dirinya masih layak mengaspal bersama Yamaha.

Morbidelli merupakan anggota pertama VR46 Riders Academy, bergabung pada 2013 lalu. Ia pula yang mempersembahkan gelar dunia untuk akademi itu, usai ia menjuarai Moto2 2017. Ia bahkan ikut memperebutkan gelar dunia MotoGP 2020 bersama Joan Mir, meski akhirnya jadi runner up dengan margin 17 poin saja.

Namun sayangnya, sejak operasi besar pada lutut kiri pada pertengahan 2021, Morbidelli seolah kehilangan tajinya. Rider blasteran Italia itu sangat sulit tampil kompetitif, bahkan puasa podium dan kemenangan sepanjang 2022.

Dari 20 balapan yang dijalaninya selama tahun 2022, dia hanya mampu mengumpulkan 42 poin yang membuatnya berada di peringkat ke-19 klasemen akhir.

Lebih lanjut, Morbidelli mengatakan, ia banyak belajar selama tes pascamusim MotoGP 2022. Ia belajar bagaimana caranya memahami motor Yamaha YZR-M1. Morbidelli pun senang bisa dibantu oleh Quartararo dan Rossi.

Usai menerima nasehat dari Quartararo, Morbidelli mengaku sudah mulai menemukan cara yang tepat menjinakkan YZR-M1.

Baca Juga: Paruh Pertama MotoGP 2023, Luca Marini Puas dengan Performa Tim

" Saya tidak terlalu khawatir dibandingkan pada pertengahan 2022. Saya merasa telah menemukan hubungan yang baik dengan M1 ini," kata Morbidelli kepada Motosprint, Rabu (18/1/2023).

Ia pun menyebut performa dirinya bersama Quartararo musim lalu meningkat dari sebelumnya. Bahkan termotivasi untuk meraih hasil seperti rekan setimnya.

“Banyak hal membuat saya tetap bersemangat, pertama Quartararo selalu berhasil mendapatkan yang terbaik dari motornya dengan meampilkan performa luar biasa. Kendaraannya selalu sangat agresif, terutama dengan motor ini. Quartararo telah mengajari saya bahwa saya dapat mengatasi masalah apa pun,” ujarnya.

"Vale membantu saya dengan cara tetap dekat dengan saya. Saya sering mendengarkan nasihatnya pada akhir pekan. Ia memberi saya semangat ketika saya tampil baik. Sudah jelas ia merasa lebih stres ketika saya tampil buruk, tetapi jiwanya selalu dekat dengan saya," imbuhnya.

Baca Juga: Miller Minta Pembalap Lain Berhenti Mengeluh

Untuk MotoGP musim 2023, anak didik Valentino Rossi itu ingin minum sampanye lagi diatas podium.

"Saya merasa sudah bekerja keras, merasa tenang bersama orang-orang terdekat saya dan kru saya yang kini lebih berpengalaman. Semua terasa mengalami kemajuan. Saya sudah rindu naik podium, usai setahun lebih tak menyemprotkan sampanye. Saya sangat merindukannya, jadi kita lihat saja nanti," tuturnya.

“Saya sedang mencari penebusan. Sekarang semuanya kembali ke nol dan semuanya mungkin, ini adalah prospek yang menarik. Mereka mengatakan kita belajar paling banyak ketika kita kalah. Dalam hal itu, saya belajar cukup banyak tahun lalu,” sambungnya.

Sementara itu, Morbidelli dan Quartararo tengah mempersiapkan tes pramusim MotoGP 2023. Tes tersebut akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 5-12 Februari dan Sirkuit Algarve, Portugal pada 11-12 Maret 2023 mendatang. lsm

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU