Dengan Semangat Kemerdekaan, DPRD Surabaya Dorong Pertumbuhan Ekonomi Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 14 Agu 2022 19:17 WIB

Dengan Semangat Kemerdekaan, DPRD Surabaya Dorong Pertumbuhan Ekonomi Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kurang lebih dua tahun kondisi ekonomi mengalami pelemahan akibat pandemi Covid-19, dengan semangat HUT RI ke-77 DPRD Surabaya mendorong pertumbuhan dan pemulihan kondisi ekonomi lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno mendorong masyarakat Surabaya dari berbagai lapisan untuk ikut andil dalam membangkitkan ekonomi Surabaya dengan mencintai produk dari para pelaku UMKM di Surabaya.

"Mencintai dengan membeli produk UMKM, tidak hanya mempromosikan, akan menggerakkan sektor riil ekonomi di tingkat bawah. Yang nantinya dampaknya akan diikuti oleh sektor ekonomi di tingkat menengah maupun atas," ungkap Anas Karno.

Lebih lanjut Anas mengatakan, UMKM terbukti menjadi penopang dan ujung tombak, ekonomi secara makro. Begitu pula terhadap pertumbuhan ekonomi di Surabaya.

"Karenanya, perhatian akan keberadaan UMKM sangat penting, untuk mendongkrak percepatan pemulihan ekonomi dan bangkit lebih kuat," imbuhnya.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024



Politisi PDIP Surabaya tersebut menilai pemerintahan Eri-Armuji di Surabaya sudah bekerja keras melakukan pemberdayaan UMKM supaya dapat tumbuh dengan kuat.

"Mulai dari pelatihan berikut pendampingan, produksi sampai pemasaran," jelasnya.

Berbagai program juga dilakukan Pemkot Surabaya untuk memacu pertumbuhan UMKM. "Misalnya adanya E-Peken. Dan yang terbaru yaitu, akan digelarnya Surabaya Great Expo 2022, yang memasarkan produk ribuan pelaku UMKM di Surabaya," ujar Anas.

Anas berharap dengan berbagai program pemasaran yang digelar khususnya berskala besar, produk UMKM tidak hanya bermain di pasar lokal domestik. Melainkan bisa merambah pasar internasional.

"Artinya ketika salah satu atau beberapa produk UMKM Surabaya bisa memasuki pasar export, ini tentunya akan membanggakan. Dan bisa menjadi pemantik terhadap produk UMKM lainnya untuk masuk ke pasar internasional," jelasnya lagi.

Terakhir, ia juga menyampaikan harapannya untuk Indonesia, utamanya untuk Surabaya di HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini.

“Pada HUT ke-77 RI ini, semoga Indonesia, secara khususnya untuk Kota Surabaya, merdek di tingkat perekonomian juga pendidikan. Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terjamin, karena ini sudah menjadi semangat dan cita-cita Bung Karno, founder father bangsa," pungkasnya. Alq

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU