Disparbud Trenggalek Gelar Festival Jaranan Turonggo Yakso

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Nov 2021 18:35 WIB

Disparbud Trenggalek Gelar Festival Jaranan Turonggo Yakso

i

Para peserta Festival Jaranan Turonggo Yakso saat tampil di GOR SMAN 1 Trenggalek.

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek menggelar Festival Jaranan Turonggo Yakso ke 25 tahun 2021.

Kegiatan yang digelar dalam rangka mempromosikan Kesenian Turonggo Yakso dan kesenian lainnya itu digelar di GOR SMAN 1 Trenggalek pada Sabtu (20/11).

Baca Juga: Truk Terperosok ke Jurang, 3 Orang Luka-luka

Kepala Disparbud Kabupaten Trenggalek, Drs. Sunyoto mengatakan kegiatan ini merupakan event tahunan, yang sekaligus sebagai wadah aktualisasi dan pembinaan bagi para seniman, khususnya Seniman Tari Turonggo Yakso di Kabupaten Trenggalek.

"Dan sekaligus sebagai ajang promosi, utamanya promosi wisata budaya," kata Sunyoto.

Ia menyampaikan kegiatan ini sengaja digelar dengan tujuan untuk memberikan edukasi bagi para seniman tentang bagaimana menggelar pertunjukan di masa pandemi seperti saat ini.

"Pelaksanaan festival ini kita laksanakan secara virtual. Jadi tidak ada penonton, bahkan kalau bisa dikatakan cuma ada kamera saja yang melihat sama tim juri," terangnya.

Dalam pelaksanaan festival ini, para peserta festival diwajibkan menunjukkan kartu vaksin sebagai bukti mereka telah divaksin. Termasuk para kru kegiatan ini diwajibkan untuk menunjukkan hasil rapid antigen negatif ketika memasuki lokasi kegiatan.

Baca Juga: Gerakan Pangan Murah di Trenggalek Diserbu Warga

"Jadi kita format pertunjukan yang aman di masa pandemi," jelasnya.

Sunyoto menjelaskan, dalam festival ini tim juri akan memutuskan 5 pemenang. Dan masing-masing pemenang baik Turonggo Yakso maupun yang lain akan diberi hadiah berupa uang pembinaan.

Selain itu juga akan diberikan penghargaan pada penata tari terbaik, penata iringan terbaik dari berbagai kategori, baik dari Seni Tari Turonggo Yakso maupun yang lain.

Baca Juga: Stok Beras di Trenggalek Aman hingga Lebaran

Sementara Kepala Bidang Destinasi Disparbud Kabupaten Trenggalek, Tony Widianto menyampaikan bahwa seluruh peserta festival ini berasal dari umum.

Ia menambahkan, bahwa festival ini digelar selama dua hari yakni mulai 20 November hingga 21 November 2021. Untuk hari pertama akan dilaksanakan Festival Turonggo Yakso. Selanjutnya di hari kedua festival non Turonggo Yakso.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU