Erlangga: Saya Trenyuh dan Bangga dengan Atlet PON JATIM

10 Oktober 2021 : 20:52:45

Ketua Umum KONI Jatim Ir. Erlangga Satriagung

Kontingen Jatim Kokoh di Rangking Dua


SURABAYAPAGI.COM, Jayapura - Klasemen perolehan medali Kontingen Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI, minggu ini bersalib-saliban. Perjuangan atlit PON Jatim yang tak mengenal menyerah mengejar prestasi dengan kontingen propinsi lain luar biasa. Sampai semalam, kontingen Jatim masih bertengger di rangking dua. Ini yang membuat Ketua Umum KONI Jatim Ir. Erlangga Satriagung, trenyuh dan bangga.
Sejak Sabtu (9/10) Kontingen Jawa Timur sukses menggusur posisi DKI Jakarta. Hari ini Jatim meraup sembilan medali emas dan 14 perak. Kontingen DKI Jakarta saat ini masih berkutat di posisi ketiga dengan torehan 68 emas, 61 perak dan 70 perunggu. Tuan rumah Papua, sampai Minggu kemarin, masih menempati posisi keempat klasemen dengan raihan 59 emas, 32 perak dan 59 perunggu.
Praktis persaingan event PON XX Papua 2021 akan seru hingga hari terakhir, karena beberapa cabor seperti renang, handball, bulu tangkis, dan bola basket 3x3 masih akan dipertandingkan hingga tanggal 15 Oktober mendatang.

 

Sampai Minggu Posisi Kedua

Klasemen mentara perolehan medali PON XX Papua 2021 hingga Minggu (10/10/2021) pukul 15.00 WIB terlihat masih dikuasai oleh Jawa Barat yang menempati peringkat pertama. Kontingen Jawa Barat nyaman di posisi pertama dengan perolehan 217 medali.

Sejak siang tadi, Jawa Barat setidaknya berhasil menambahkan 2 medali emas dan 1 perunggu. Gara-gara tiga tambahan medali itu, kini total Jawa Barat mengoleksi 80 emas, 65 perak, dan 72 perunggu.

Tambahan medali yang diraih Jawa Barat membuat kontingen tersebut semakin mantap di posisi petama. Mereka setidaknya unggul 11 medali emas dari Jawa Timur yang menghuni posisi kedua.

Jawa Timur terlihat masih menguasai posisi kedua. Malahan sukses menambahkan satu medali emas yang membuat Jawa Timur mulai meninggalkan DKI Jakarta di posisi ketiga.

Kini berarti Jawa Timur sudah mengumpulkan 184 medali, yang terdiri dari 69 emas, 61 perak, dan 54 perunggu. Jumlah tersebut membuat Jawa Timur sedikit unggul ketimbang DKI Jakarta di posisi ketiga.

DKI Jakarta masih tertahan di peringkat ketiga lantaran belum berhasil menambahkan medali emas pada hari ini. DKI Jakarta yang kesulitan mendulang medali emas itu pada akhirnya berada di posisi ketiga dengan total 193 medali.

193 medali yang sudah dikoleksi DKI Jakarta terdiri dari 68 emas, 55 perak, dan 70 perunggu. Sementara tim ruan rumah Papua terlihat masik terdiam di posisi keempat.

Lumbung Emas

Dua cabor yang menjadi lumbung emas Jawa Timur ialah panahan dan renang, total meraup enam medali emas dan enam perak.
Praktis tim panahan Jatim kembali mempertahankan mahkota juara umum untuk kesepuluh kalinya dan sekaligus sebagai tim panahan yang tak terbendung oleh para lawan.

Ketua KONI Jatim Erlangga menyampaikan rasa bangga atas prestasi atletnya yang dengan gigih mempertahankan mahkota juara umum yang kesekian kalinya.

"Kami ini sudah 10 kali PON selama 40 tahun juara umum terus," katanya, Minggu (10/10/2021).

Menurutnya, ada hal yang menjadi dasar kesuksesan tim Jatim, yaitu pembinaan, sportivitas dan menghormati lawannya. Ia berpendapat dari tiga poin itulah yang menjadi pilar Jatim dalam mempertahankan mahkota juara umum panahan.

Selain panen emas dari cabang olahraga renang dan panahan, kontingen bola basket putri Jawa Timur juga menyumbangkan medali usai mengalahkan Bali di final dengan skor 56-37.

Dalam wawancara jarak jauh dengan Surabaya Pagi, Minggu (10/10) Erlangga menegaskan pihaknya terus berjuang tapi realistis. Terutama menghadapi kekuatan tim kontingen Jawa Barat dan DKI Jakarta. “ Kita masih berharap dari cabor Senam, Menembak, Sepatu roda, dan Angkat besi bisa mendulang medali emas buat tim kita,” harap Erlangga.

Harapan dari Erlangga kontingen Jawa Timur bisa menjadi Juara umum, tapi nampaknya cukup berat terutama sangat berat mengungguli Jabar dan namun kontingen Jawa Barat dan DKI Jakarta merupakan saingan berat namun tetap optimis hingga akhir Pon berakhir kontingen jatim akan berada di 3 besar sudah cukup tutup pria dalam wawancara jarak jauhnya.

Klasemen Sementara Perolehan Medali PON XX Papua 2021 hingga Minggu, 10 Oktober Pukul 15.00 WIB:
1. Jawa Barat: 80 Emas, 65 Perak, 72 Perunggu
2. Jawa Timur: 69 Emas, 61 Perak, 54 Perunggu
3. DKI Jakarta: 68 Emas, 55 Perak, 70 Perunggu
4. Papua: 61 Emas, 32 Perak, 59 Perunggu
5. Jawa Tengah: 18 Emas, 32 Perak, 35 Perunggu
6. Bali: 15 Emas, 13 Perak, 21 Perunggu
7. Riau: 14 Emas, 15 Perak, 15 Perunggu
8. Kalimantan Timur: 9 Emas, 23 Perak, 29 Perunggu
9. Lampung: 8 Emas, 5 Perak, 5 Perunggu
10. Banten: 7 Emas, 9 Perak, 20 Perunggu
(dna)





Berita Terkait