FAI 2023, Tim Loncat Indah Jatim Kerahkan 18 Atlet

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Jun 2023 11:13 WIB

FAI 2023, Tim Loncat Indah Jatim Kerahkan 18 Atlet

i

Atlet Loncat Indah Jawa Timur saat FAI 2022 di Jakarta. Foto: Herlambang. Diskominfo Jatim.

SURABAYAPAGI.COM. Surabaya - Atlet Loncat Indah Jawa Timur (Jatim) siap menorehkan prestasi dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Loncat Indah yg bertajuk Festival Akuatik Indonesia (FAI) di Jakarta pada 14 - 18 Juni 2023 mendatang.

“Kami selaku pembina dan pelatih atlet-atlet loncat indah, selalu siap melahirkan 'Gladies-Gladies' yang lain untuk bisa membangun prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional,” kata Pelatih Loncat Indah Jatim, Ronaldy Herbiantoro di Surabaya Kamis (8/6/2023).

Baca Juga: Atlet Senior Masih Ikut FAI 2022, PRSI Buka Suara

Adapun yang dimaksud Gladies tersebut adalah salah satu atlet Loncat Indah Jatim yang bernama Gladies Lariesa Garina Haga. Gladies sebelumnya pernah meraih prestasi satu medali perak dan satu medali perunggu di ajang  Sea Games ke-32 Kamboja, beberapa waktu lalu.

Ronaldy mengatakan, ajang Kejurnas FIA ini berguna untuk memantau seberapa jauh prestasi atlet yang sudah dibangun melalui program latihan rutin dan intensif.

Selain itu, event tahunan tersebut juga sekaligus menjadi ajang Babak Kualifikasi (BK) PON Aceh-Sumut 2024. Terutama bagi para atlet senior yang tergabung dalam tim Puslatda Jatim 100/5.

“Event ini menjadi ajang yang sangat menentukan untuk bisa mendapatkan 'tiket' melaju PON mendatang. FAI adalah kesempatan pertama untuk bisa lolos BK PON. Kesempatan kedua masih bisa diikuti atlet yang belum lolos BK dan akan diselenggarakan pada event kejuaraan di bulan September 2023,” jelasnya.

Baca Juga: Festival Akuatik Indonesia 2022, Hari Pertama Cetak Empat Rekor Nasional

Ia menilai, kesempatan ini akan sangat berguna bagi atlet junior untuk mengukur seberapa jauh hasil jerih payah berlatih selama ini dan bisa berkompetisi dengan kompetitor dari daerah lain, sebagai ajang melatih mental bertanding.

Tim Loncat Indah Jatim pada FAI nanti akan mengirimkan sebanyak 18 atlet dimana 5 atlet diantaranya adalah atlet Puslatda. Sedangkan yang akan mengikuti BK PON ada 6 atlet unggulan.

Keenam atlet tersebut akan dipersiapkan untuk bisa meraih prestasi tertinggi di PON dan mampu mempertahankan 5 medali emas. Sebagaimana yang mampu diraih pada PON Papua 2021 yang lalu. Adapun para atlet akan didampingi dua pelatih, yaitu Ronaldy Herbintoro dan Ahmad Subekti.

KONI Jawa Timur dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Renang Seluruh Indonesia  (PRSI) Jawa Timur mendukung penuh keberangkatan tim ke Event FIA. Ronaldy menargetkan kelolosan 6 atlet untuk bisa mendapatkan tiket PON 2024.

“Target berikutnya adalah meraih 7 medali emas di kelas senior dan 3 medali emas di nomer-nomer tanding junior. Semoga semangat prestasi Gladies di Sea Games mampu memberikan motivasi kepada atlet-atlet yang lain untuk bisa mempersembahkan prestasi terbaiknya,” tutupnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU