Gelar JMCC ke 22, PT PLN Buka Ajang Knowledge Sharing Antar Perusahaan Energy Asia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Des 2022 19:24 WIB

Gelar JMCC ke 22, PT PLN Buka Ajang Knowledge Sharing Antar Perusahaan Energy Asia

SurabayaPagi, Nusa Dua - PT PLN (Persero) menggelar kegiatan Joint Maintenance Cooperation Committee Meeting (JMCC) ke 22, yang digelar 6-7 Desember 2022 di Countryard by Marriot, Nusa Dua Resort Hotel.

Direktur Transmisi & Perencanaan Sistem PT PLN, Evy Haryadi membuka acara JMCC yang merupakan kegiatan sharing knowledge yang anggotanya terdiri dari PLN, Electricity Generating Authority of Thailand (EGAT), Tenaga Nasional Berhad (TNB), Sarawak Energy (SEB), Sabah Electricity Sdn Bhd (SESB) dan member baru di tahun ini adalah Nasional Power Transmission Corporation (EVNNPT) Vietnam.

Setiap tahun JMCC digelar secara bergantian diantara para anggotanya. Tahun ini, PLN sebagai Tuan Rumah dalam perhelatan ini, setelah menunda 2 tahun selama masa pandemi covid-19.

PLN telah menjadi bagian dari JMCC sejak tahun 2003 sebagai Observer di Kinabalu, Malaysia, yang sebelumnya hanya beranggotakan EGAT dan TNB, kemudian PLN resmi bergabung sebagai Anggota Di tahun 2004, PLN juga didapuk sebagai Tuan Rumah, untuk pertama kali nya, dan untuk ke 4 kali nya penyelenggaraan JMCC di gelar di Bali.

"Begitu banyak manfaat yang didapat dari knowledge sharing diantara Utilities khususnya dalam pengelolaan Transmisi, Gardu Induk dan Trafo khususnya dalam kegiatan yang berkaitan system ketenagalistrikan di Indonesia," Ujar Evy.

Rekomendasi dari hasil diskusi di JMCC secara nyata di implementasikan oleh para Enjinir khususnya di seluruh unit transmisi, yang hingga kini masih dilaksanakan secara berkesinambungan.

Ada 3 Task Force dari masing-masing negara, yaitu Task Force Gas Insulated Substation (GIS), Task Force Transformer (Trafo) dan Task Force Live Line Maintenance (Pemeliharaan Transmisi) yang secara intens berdiskusi untuk mengangkat permasalahan yang sering terjadi dalam Operation Maintenance sehingga membantu dalam penyelesaian masalah yang kerap terjadi di lapangan.

Para Enjinir muda PLN juga diuji kemampuannya dalam menyampaikan materi dalam Bahasa inggris dan juga berdiskusi secara langsung, sebagai bagian dari peningkatan kompetensi para enjinir muda PLN.

Erwin Ansori, General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian (PLN UIT JBB) sebagai Chairman PLN, pada sambutannya juga menyampaikan Dirinya pernah menjadi bagian dari kegiatan JMCC ini, memulai sebagai Presenter di Tahun 2005 di Yogyakarta, kemudian menjadi Komite Member dan sekarang sebagai PLN Chairman.

“Sepertinya JMCC ini menjadi suatu jenjang karir baginya, suatu yang membanggakan, untuk dapat terus mengikuti kegiatan yang paling dinanti oleh insan PLN yang berada di unit transmisi," ungkap Erwin.

Harapan kedepannya kerjasama tetap bisa terus terjalin, dan terus berkembang untuk membangun sinergi dalam semangat JMCC, agar system ketenagalistrikan di Asean dapat terus berkembang khususnya diantara negara anggota JMCC. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU