Gelar Pameran Bertajuk Art for Humanity, Empat Pelukis Bali Tampilkan Maha Karya di Teh Villa Gallery

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 24 Jul 2022 20:04 WIB

Gelar Pameran Bertajuk Art for Humanity, Empat Pelukis Bali Tampilkan Maha Karya di Teh Villa Gallery

SurabayaPagi, Surabaya - Empat perupa kawak Pulau Dewata menampilkan karya mereka dalam sebuah pameran lukis bertajuk Art for Humanity di Teh Villa Gallery Surabaya. Pameran berlangsung mulai 22 Juli hingga 27 Agustus 2022 mendatang. 
 
Keempat seniman mengusung karya masterpiece sesuai aliran masing-masing. Mereka adalah I Made Gunawan, Nyoman Sujana Kenyem, I Putu Sudiana dan Galung Wiratmaja. 
 
Setidaknya, terdapat lima puluh lukisan berbagai ukuran terpajang. Indah, menawan, sekaligus memiliki kekuatan sebagai sebuah maha karya. 
 
Misal untuk I Made Gunawan dan Bli Sujana Kenyem, mengeksplorasi aliran abstrak deskriptif. Sementara Putu Sudiana mengusung aliran abstrak ekspresionisme dan Galung Wiratmadja membawa keelokan aliran realis dalam setiap karyanya. Dari pintu masuk hingga lorong dan tangga pertama ruang pameran, harmonisasi kental terasa. 
 
Momen estetika ini sengaja dipadukan dengan indah oleh Teh Villa Gallery dalam satu gelaran karya bersama pada ruang yang lebih luas. Tak hanya untuk kepuasan berkesenian, namun juga untuk aksi kemanusiaan. Karena, seluruh hasil dari tiket masuk dan sepuluh persen hasil penjualan karya akan didonasikan.
 
Manajer Teh Villa Gallery Amelinda Ayu Fairuz, mengatakan, konsep kolaborasi ini merupakan kali pertama di Teh Villa Gallery setelah sukses menyelenggarakan sejumlah pameran solo sebelumnya. 
 
Sejauh ini dia melihat, pengunjung pameran lukisan di Teh Villa Gallery sangat beragam dari berbagai rentang usia. Mulai usia remaja hingga kolektor. 
 
"Saat ini mulai banyak anak muda melek terhadap seni, jadi kita lihat tentang usia lebih luas. Dari belasan tahun sampai kolektor usia tiga puluh tahunan ke atas banyak sekali," ujar Amelinda, Minggu (24/7/2022). 
 
Melihat animo penikmat lukisan dan kolektor yang cukup menggembirakan, Teh Villa Gallery semakin bersemangat menghadirkan pameran kembali.
 
"Karena sekarang sedang masa recovery ya, jadi otomatis semangat baru dari para kolektor dan penikmat lukisan juga semakin baik," ucapnya. 
 
Semangat baru itu menjadi pondasi bagi project kolaborasi ini. Dua di antara empat pelukis, yaitu I Made Gunawan dan Bli Sujana Kenyem telah bekerja sama dengan Teh Villa Gallery pada pameran beberapa bulan lalu dalam waktu berbeda. 
 
Sedangkan Putu Sudiana dan Galung Wiratmadja perdana menampilkan karya spektakuler mereka di galeri tersebut. 
 
"Memang harus ada suatu harmoni, ini kebetulan kita menggabungkan banyak aliran lukis dari masing-masing perupa," ungkap Ayu. 
 
Amelinda mengatakan, hanya dalam waktu delapan bulan sejak buka pada Desember tahun lalu, Teh Villa Gallery telah menghadirkan empat project pameran lukis. Dua di antaranya adalah “Living in Harmony” (Desember 2021) dan “Finding Balance” (April 2022).
 
"Kalau dibilang cukup cepat hanya dalam delapan bulan kita ada empat project," ucapnya. 
 
Ke depan, Teh Villa Gallery juga akan membuka kesempatan bagi para pelukis lokal untuk pamer karya sesuai hasil kurasi. 
 
"Jadi tetap mengikuti alur kurasi dari Teh Villa Gallery. Kalau memang cocok konsepnya, kami sangat terbuka dan ada kemungkinan kita akan bekerja sama," kata Ayu. By

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU