GPM Pascasarjana Unesa Gelar Workshop SPMI untuk SMP di Gresik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 24 Jul 2022 16:53 WIB

GPM Pascasarjana Unesa Gelar Workshop SPMI untuk SMP di Gresik

i

Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada SMP wilayah Gresik pada tanggal 23 Juli 2022 bertempat di SMA Negeri 1 Manyar.

SURABAYAPAGI, Gresik -  Gugus penjaminan mutu (GPM) Pascasarjana Unesa dalam rangka melaksanakan tridarma perguruan tinggi, menyelenggarakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada SMP wilayah Gresik pada tanggal 23 Juli 2022 bertempat di SMA Negeri 1 Manyar. Kegiatan ini merupakan perwujudan pelaksanaan MoU antara Unesa dengan Pemkab Gresik.

Pelaksanaan pelatihan SPMI bagi SMP wilayah Gresik dilaksanakan dengan model workshop project learning, dimana peserta dilatih secara tata muka terkait penjaminan mutu, dan dilanjutkan dengan tugas membuat standard operasional secara mandiri. Peserta pelatihan merupakan perwakilan sekolah negeri dan swasta yang berada di wilayah kabupaten Gresik.  

Pelatihan tentang SPMI pada tingkat satuan Pendidikan sangat penting dilaksanakan terkait dengan peningkatan mutu Pendidikan di satuan pendidikan.

Standard mutu pendidikan internal dilaksanakan pada satuan pendidikan, yang dilaksanakan oleh tim penjaminan mutu yang dibentuk dari unsur kepala sekolah, komite sekolah, guru dan tenaga kependidikan.

Penyusunan standar operasional mutu pada tingkat satuan pendidikan merupakan landasan dalam pelaksanaan SPMI. Dengan pelatihan ini diharapkan pada satuan pendidikan di wilayah kabupaten Gresik terjadi peningkatan mutu pendidikan.  

Pada pembukaan Pengabdian kepada Masyarakat di aula SMA Negeri 1 Manyar, Sekda kabupaten Gresik, Bapak. Ir. Ahmad Wasil, mengatakan bahwa dengan PKM oleh Unesa dapat mewujudkan program pembangunan di Gresik yaitu Nawakarsa. Dan diharapkan berdampak pada pengurangan pengangguran di kabupaten Gresik.

 Pelatihan ini diharapkan berdampak pada peningkatan kinerja akademik Siwa SMP kabupaten Gresik, harapan Bapak Dr. Fajar Arianto, M.Pd sebagai ketua PkM GPM Pascasarjana Unesa.

Pelatihan SPMI bagi SMP di Gresik, melibatkan seluruh GPM Pascasarjana Unesa, yaitu Prof. Dr. Hariyati, ,Ak.,M.Si.,CA.,CMA, Dr. Tjijik Rahaju, M.Si, Afifan Yulfadinata,S.Pd.,M.Pd, dan Dr. Hasan Subekti, M.Pd.fjr

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU