Hardiknas, Khofifah Ingatkan Covid-19 Tak Lemahkan Semangat Pendidikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Mei 2021 15:36 WIB

Hardiknas, Khofifah Ingatkan Covid-19 Tak Lemahkan Semangat Pendidikan

i

Capt: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa seusai upacara peringatan Hardiknas di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (2/5/2021).. SP/BYOB

SURABAYAPAGI,Surabaya - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini digelar dengan pelaksanaan upacara bendera di Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo, Surabaya, Minggu (2/5/2021). 

Pada upacara ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh insan pendidikan dari seluruh pelosok Jawa Timur sebagai peserta upacara. 

Baca Juga: Pilgub Jatim 2024, TKD Prabowo-Gibran Jadi Timses Khofifah

Usai upacara Gubernur Khofifah mengatakan bahwa upacara Hardiknas tahun ini masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

khofifah menuturkan bahwa adanya pandemi Covid-19 ini tidak boleh melemahkan semangat untuk terus menggerakkan bagaimana pendidikan di Jawa Timur untuk terus berkembang, terus berkemajuan dan memberikan manfaat yang besar.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada para guru, orang tua dan tentunya kepala sekolah dimana posisinya sangat sentral untuk bisa memberikan penguatan dari kualitas dan produk dari masing-masing lembaga yang mereka pimpin,” jelas Gubernur Khofifah, Minggu (2/5/2021).

Gubernur juga menyampaikan bahwa dalam kompetisi sains beberapa waktu lalu Jawa Timur sukses menggeser Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta setelah menunggu 18 tahun lamanya. “Dan itu juga adalah peran dari orang tua dan yang tidak kalah pentingnya para guru dan kepala sekolah,” kata Gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Baca Juga: Khofifah : Semua Elemen Harus Bekerja Keras

Khofifah pun menyampaikan dalam SNMPTN tahun lalu Jawa Timur bisa ranking satu dan sangat tinggi dibandingkan dengan peringkat dua. “Untuk bisa diterima di PTN tanpa tes itu juga peran dari para guru dan kepala sekolah, para orang tua sehingga semangat anak didiknya akan terus terkawal,” lanjut Khofifah.

Oleh karena itu Gubernur mengajak kepada semua bahwa untuk bisa mengikuti format secara skala nasional bagaimana anak didik kita bisa belajar itu sebenarnya adalah inovasi solusi. 

“Masing-masing terus diajak untuk mengembangkan pikirannya, mengembangkan ide-ide kreatifnya kemudian melakukan langkah-langkah proaktif dan produktif,” tambah Khofifah.

Baca Juga: Demokrat Ajak Gerindra Usung Khofifah-Emil Satu Paket di Pilgub

Kemudian hal itu tentunya akan menemukan bagaimana eksplorasi dari seluruh energi yang positif yang dimiliki seluruh anak didik, dan tentu adalah para guru dan kepala sekolah akan ketemu nantinya. “Proses ini kan terbilang baru, karena kemarin banyak yang baru sifatnya reaktif lebih karena pandemi Covid-19, kemudian dilakukan juga misalnya blended learning,” jelas Gubernur Khofifah.

Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa di Hardiknas tahun ini dia mengucapkan salam hormat kepada guru-guru dan kepala sekolah. “Dedikasi mereka para guru untuk bangsa luar biasa dan saya ucapkan terima kasih untuk guru-guru di negeri ini,” pungkasnya.by

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU